12/08/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pers, SKK Migas dan KKKS Wujudkan Efek Berganda Serta Asa 1 Juta BOPD dan 12 BSCFD

8 min read

(Bantuan SKK Migas Sumbagsel kepada FJM Jambi/Foto: SKK Migas)

JAMBIDAILY JAMBI – Bergandengan tangan dibalutan sinergitas Pers, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) untuk memberikan efek berganda dalam industrinya bagi masyarakat.

Tak dapat dipungkiri Sektor hulu migas ialah indutri padat karya dan sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia, sekaligus berperan menyediakan kebutuhan energi yang mencapai 70 persen.

Sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi “SKK Migas bertugas melaksanakan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi berdasarkan Kontrak Kerja Sama. Pembentukan lembaga ini dimaksudkan supaya pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”

Perannya sebagai penyumbang devisa dan penyedia kebutuhan energi akan beriringan dengan terbukanya lapangan kerja bagi tenaga-tenaga potensial di Indonesia, karena semakin bertambahnya KKKS di wilayah kerja baru ataupun pengembangan.

Disamping itu melalui program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) memaksimalkan pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi KKKS dengan cara pelatihan kerja, lalu membangun kemandirian lewat keterampilan dan kerajinan tangan untuk membuka usaha, hingga budidaya ikan serta tanaman pangan.

Gambaran kecil tentang kontribusi positif dari kegiatan eksplorasi dan produksi migas diatas sebagai efek berganda Industri hulu migas bagi masyarakat di Indonesia. “Keberadaan industri hulu minyak dan gas bumi (migas) tidak hanya menciptakan efek lingkup berganda (multiplier effect) bagi sektor di luar hulu migas dan masyarakat di sekitar wilayah kerja migas. Pemerintah daerah penghasil migas pun turut menikmati hasil dari kegiatan usaha hulu migas,” Tulis Suhendra Atmaja, skkmigas.go.id

Sejalan dengan tulisan Sampe L Purba Senior Advisor On Economy of Natural Resources berjudul “Migas-Energi Berkeadilan untuk Bangsa” September 2017 yaitu terciptanya ketahanan, kemandirian dan kedaulatan dalam mencapai energi berkeadilan; akses merata, infrastruktur tersedia, potensi sumber energi setempat termanfaatkan, harga terjangkau, lingkungan terpelihara.

Dikutip dari laman ekonomi.bisnis.com, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi mencatat kontribusi terhadap industri-industri lain yang menyangkut kegiatan hulu migas telah mencapai Rp103 triliun sejak tahun lalu.

Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya SKK Migas Erwin Suryadi mengatakan nilai kontribusi industri migas bagi sejumlah industri lain pada 2020-2021 mencapai US$7,12 miliar atau setara dengan Rp103 triliun.

Pompa Angguk Pertamina EP-Bajubang, 29 Juli 2019/Foto: Hendry Nursal-jambidaily.com
(Pompa Angguk Pertamina EP-Bajubang, 29 Juli 2019/Foto: Hendry Nursal-jambidaily.com)

Untuk mendukung itu, SKK Migas dan KKKS bergandengan tangan dengan erat kepada berbagai pihak, salah satunya ialah Pers. SKK Migas wilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) menginisiasi terbentuknya wadah bagi wartawan bernama Forum Jurnalis Migas (FJM) pada April 2014 di Jambi.

Untuk mendukung itu, SKK Migas dan KKKS bergandengan tangan dengan erat kepada berbagai pihak, salah satunya ialah Pers. SKK Migas wilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) menginisiasi terbentuknya wadah bagi wartawan bernama Forum Jurnalis Migas (FJM) pada April 2014 di Jambi.

BACA JUGA:  Dewan Pers : Perusahan Pers Dapat Menerbitkan Beberapa Media dengan Satu Badan Hukum

Wadah tersebut menjadi ruang bagi SKK Migas dalam membangun sinergitas bersama Pers, sehingga informasi akan tersampaikan dengan maksimal, berkualitas, edukatif dan menghindari terjadinya Misinformasi bahkan Disinformasi terkait industri hulu migas di tengah-tengah masyarakat.

“Sinergitas yang saling menguntungkan para pihak. Tanpa ada intervensi atau sejenis tindakan yang merusak kemerdekaan pers. Begitu juga pers dalam menyoroti atau membuat tulisan yang kritis terhadap SKK Migas dan KKKS tidak pernah dilarang. Asal berita itu fakta dan berimbang serta adanya konfirmasi dan verifikasi,” Jelas Mursyid Sonsang, Ketua FJM Jambi (Kamis, 05/08/2022).

Tentunya kata Mursyid Sonsang, Efek yang diharapkan baik jangka pendek maupun jangka panjang dalam jalinan sinergitas ini.

“Dari banyak investor yang menanamkan uangnya di Jambi, usaha perminyakan ini salah satu yang padat modal. Mereka butuh media untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan mereka, terutama CSR yang membantu langsung kebutuhan masyarakat. Sinergitas itu tidak bisa dilihat dalam waktu dekat. Tapi akan terlihat dalam jangka panjang. Misalnya kesadaran masyarakat dalam mendukung industri minyak ini. Tidak ada gangguan dari masyarakat sekitar kilang baik unjuk rasa, pencurian dan lainnya,” Tambah Mursyid Sonsang.

Lebih lanjut, dalam penjelasan Mursyid Sonsang ada peran nyata pers dalam mendukung efek berganda Industri Hulu Migas Bagi Masyarakat, karena Industri migas adalah industri yang berkaitan erat dengan masyarakat sekitar. SKK Migas dan KKKS berharap adanya program pengembangan masyarakat akan membangun kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di wilayah operasi hulu migas.

“Di sisi lain masyarakat akan ikut merasa bertanggung jawab akan kelanjutan operasional KKKS, serta tidak melakukan kegiatan yang merugikan industri hulu migas seperti kegiatan ilegal drilling dan Illegal tapping. Masyarakat di sekitar wilayah kerja hulu migas, dapat menambah wawasan dan mengembangkan keterampilan melalui program pengembangan masyarakat yang dilakukan SKK Migas dan KKKS. Pada tata tataran ini peran media sangat penting, membuat berita yang menginspirasi dan membangkitkan semangat yang menginspirasi,” Tutup Mursyid Sonsang.

Foto: Dok.SKK Migas

FJM tidak mengesampingkan organisasi wartawan seperti Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bahkan organisasi media yang sudah ada saat ini misalkan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) khususnya di provinsi Jambi.

“SKK Migas sangat membantu sebagai mitra kerja dalam meningkatkan kompetensi wartawan melalui kerja sama pembiayaan, dan dalam bidang sosial membantu sembako saat kita mengalami pandemi Covid-19. Jangka panjang dapat mendorong pers berkualitas, pers memberi peran positif terhadap industri migas, melalui pemberitaan yang bersifat edukatif,” Jelas Hery FR, Sekretaris PWI Provinsi Jambi (Senin, 02/08/2022).

Dodi Irawan, Ketua JMSI Pengda Jambi menuturkan Sinergi yang terjalin sangat bermanfaat bagi media-media anggota JMSI. Begitu besar perhatian SKK Migas dan KKKS terhadap JMSI dan media-media anggotanya.

“Salah satunya, yang teranyar 23 Juli 2022, SKK Migas memberikan workshop tentang pengembangan media siber kepada media-media anggota JMSI. Workshop diikuti oleh rekan-rekan jurnalis dengan sangat antusias. Apalagi, dampak dari workshop itu, ada tawaran kerja sama dengan sebuah media besar di Jawa Barat, Pikiran Rakyat. Kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak, terutama bagi media-media anggota JMSI di Jambi tentunya.

BACA JUGA:  Steering Committee Rapimnas SMSI Rapat Bersama Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat

JMSI dan anggota-anggotanya berharap sinergitas terjalin dengan lebih erat lagi. Masih banyak program yang perlu ditingkatkan dengan dukungan SKK Migas “JMSI juga berupaya bisa memberikan yang terbaik, dalam mendukung aktivitas KKKS memproduksi migas untuk menyumbang pendapatan bagi negara. Diharapkan kerja sama yang sudah terjalin dapat lebih ditingkatkan, agar sinergitas yang dibangun membawa lebih banyak manfaat,” Tutup Dodi Irawan.

Sejalan dengan JMSI, Pirma Satria Sekretaris SMSI Provinsi Jambi berharap jalinan sinergitas yang telah dibangun sejauh ini bersama SKK Migas dan KKKS berdampak nyata bagi kedua belah pihak

“Tentunya jalinan sinergitas janganlah terputus, sejauh ini kita bergandengan tangan dalam sisi Pers di Jambi khususnya melihat dampak nyata, merasakan peran SKK Migas dalam membangun kualitas profesi wartawan. Dengan semakin berkualitasnya wartawan akan berbanding lurus dengan perkembangan media, perkembangan dunia pers, tingkat kepercayaan masyarakat juga meningkat atas informasi yang kita hadirkan,” Terang Pirma Satria.

Dia secara pribadi bahkan turut merasakan efek itu saat mengikuti kegiatan Uji Kompetensi Wartawan pada tahun 2018 “Saya turut merasakan sinergitas itu, saat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan pada tahun 2018 yang didukung penuh oleh SKK Migas KKKS Jambi. Harapan kita tentu dampak nyata juga dirasakan oleh SKK Migas dalam penyebaran informasi positif hulu migas pada masyarakat,” Kata Pirma Satria yang telah mengantongi Kompetensi Wartawan Utama.

Terkait peran pers bagi KKKS, Afrianto Comrel & CID Zona 1 Pertamina Hulu Rokan berharap pers dapat menyampaikan informasi yang berimbang terkait semua aktivitas perusahaan, sehingga memberikan memberikan kemaslahatan kepada warga masyarakat Jambi.

“Pertamina EP adalah salah satu KKKS dibawah SKK Migas sumbagsel, selama ini sudah terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik yang diwadahi oleh FJM Jambi. Kami berharap insan pers dapat membantu KKKS dalam menyampaikan informasi yang berimbang terkait semua aktivitas perusahaan. Disamping itu dapat mendukung efek berganda Industri Hulu Migas Bagi Masyarakat dengan terciptaya sinergi yang baik antara insan pers dan perusahaan untuk kepentingan masing-masing pihak, sehingga kegiatan hulu migas ini dapat memberikan kemaslahatan kepada warga masyarakat Jambi,” Ujar Afrianto Comrel & CID Zona 1 Pertamina Hulu Rokan.

Pertamina bersama UMKM LA City/Foto: Dok
Ari Rachmadi bersama Keluarga, Legal and Relation Asisten Manager Jambi Field/Foto: Ist.dok
(Program batik binaan Pertamina Jambi Field di Lapas Kelas IIB Perempuan Jambi/Foto: Dok Pertamina)

Sementara itu Andi Arie Pangeran, Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, membeberkan bahwa SKK Migas dan KKKS menjalin sinergi yang baik dengan pers yang ada di Jambi. Hubungan yang saling membesarkan dan menjaga ini ditandai dengan penyelenggaraan beberapa kegiatan bersama yang selama ini direalisasikan.

“Sinergi ini digambarkan seperti symbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak mendapatkan keuntungan masing-masing dari program-program yang dijalankan bersama. Kegiatan-kegiatan SKK Migas-KKKS sering kali melibatkan pers untuk dapat menyampaikan informasi terkini hulu migas kepada masyarakat. Selain itu pula SKK Migas-KKKS sejauh ini terus menjaga komitmen dalam meningkatkan kapabilitas dan skill bagi jurnalis dan diwujudkan melalui pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan guna mendukung dan menciptakan wartawan-wartawan atau insan pers yang tersertifikasi,” Jelas Andi Arie Pangeran.

BACA JUGA:  Mulai Dikerjakan, Pembangunan Jembatan Merangin 2

SKK Migas dan KKKS tercatat aktif menjalankan kegiatan media gathering serta media kompetisi setiap tahunnya untuk menjaga silaturahmi yang baik dengan insan pers dari Provinsi Jambi yang terhimpun dalam Forum Jurnalis Migas Provinsi Jambi. Beberapa organisasi pers yang ada di Jambi juga sering kali melaksanakan kegiatan yang dikolaborasikan dengan pihak SKK Migas dan KKKS.

“Harapannya pers akan terus mendukung kegiatan hulu migas di Lapangan dengan aktif menyampaikan pemberitaan yang terkonfirmasi benar dan berimbang terkait kegiatan di Lapangan dengan penguasaan-penguasaan karakter hulu migas yang unik, yang dapat pula memberikan pemahaman-pemahaman bagi masyarakat luas dan para pemangku kepentingan. Program-program unggulan hulu migas kepada media yang telah berjalan diharapkan pula dapat terus berkelanjutan kedepannya guna yang turut berkontribusi pada jalinan hubungan baik serta sinergi yang semakin solid kedepannya,” Terangnya

Baginya terlihat secara nyata peran pers dalam mendukung efek berganda Industri Hulu Migas Bagi Masyarakat, karena mitra yang sangat bisa diandalkan sebagai corong informasi dengan Artikel pemberitaan terkait kegiatan hulu migas.

“Jelas rekan-rekan pers memberikan efek yang sangat positif untuk mendukung efek berganda hulu migas di daerah. Kami sangat menyadari bahwa apapun yang dilakukan oleh insan hulu migas dalam operasional di Lapangan, pelaksanaan program-program untuk pemberdayaan masyarakat, informasi terkait penambahan Pendapatan Asli Daerah dari Dana Bagi Hasil Migas dan program-program lain yang kami laksanakan tentu tidak dapat kami sampaikan kepada masyarakat secara luas tanpa adanya peran dari rekan-rekan pers. Rekan-rekan pers adalah mitra yang sangat bisa kami andalkan sebagai corong informasi dengan Artikel pemberitaan terkait kegiatan hulu migas yang dimuat oleh media atau rekan-rekan wartawan adalah sebuah peran besar yang harus kami apresiasi. Hal tersebut juga menjadi semangat bagi kami untuk terus merealisasikan program guna memberikan efek berganda hulu migas kepada masyarakat di daerah karena keberhasilan hulu migas adalah keberhasilan semua pihak,” Urai Lelaki yang biasa disapa AAP.

Selain efek berganda industri hulu migas bagi masyarakat, peran pers diharapkan menjadi mitra, menjadi sinergi untuk kesejahteraan bangsa bersama SKK Migas dan KKKS meraih cita-cita target produksi 1 juta barel minyak per hari (BOPD) dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (BSCFD) pada tahun 2030.

“Harapan kami pula agar rekan-rekan pers khususnya yang ada di Jambi dapat menjadi mitra yang mendukung hulu migas untuk mencapai cita-cita yang ingin dicapai pada tahun 2030 yakni 1 Juta BOPD minyak dan 12 BSCFD Gas,” Tutur AAP Penuh semangat dan optimis. (*/HN)

 

Ditulis: Hendry Nursal

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :