29/01/2023

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Peringatan Detik-Detik Proklamasi Tahun 2022 di SMANSA Jambi

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Upacara Bendera di SMA Negeri 1 Kota Jambi beda, karena hari ini upacara memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-77.  Pasukan pengibar Bendera (Paskib) SMA Negeri 1 (SMANSA) sebagai pelaksana memperingati detik-detik Proklamasi Republik Indonesia di sekolah favorit di Provinsi Jambi Rabu, (17/08/2022).

Saat akan menaikkan bendera merah putih.  Pasukan Paskib dengan langkah yang teratur, serempak, dan rapi dari gerbang halaman depan Korem 042 Gapu, menuju ke lapangan upacara Bendera SMANSA.

Kemudian prosesi penaikan bendera,  komandan Paskib melapor untuk menaikkan bendera merah kepada Inspektrur upacara yakni Irwansyah, S.Pd., M.Pd.I Kepala SMA Negeri 1 Jambi. Salah seorang petugas Paskib dengan didampingi prtugas membawa baki menuju ke inspektur  upacara, berikutnya inspektur upacara menyerahkan bendera kepetugas.

Dengan iringan lagu Indonesia bendera merah putih dinaikkan kemudian berkibar dengan gagah perkasa. Sedangkan pembacaan Teks Proklamasi dibacakan oleh Nugroho Budi Waluyo, S.Pd.,M.Pd. wakil Humas sekaligus guru Biologi SMA Negeri 1 Jambi.

Sebelum Kepala SMA Negeri 1 Jambi membacakan teks pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia mengatakan, sangat mengapresiasi petugas Paskib dalam melaksanakan tugas menaikkan bendera. Keberhasilan yang sempurna menaikkan bendera hari ini, berkat latihan yang dilaksanakan petugas Paskib dengan sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah.

“Saya memantau latihan petugas Paskib. Mereka latihan dengan serius meski panas menyengat tubuh. Semoga ini menjadikan keberhasilan di masa mendatang,” ucap Irwansyah.

Adapun inti dari teks pidato, Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam menggalang kolaborasi global untuk bergotong royong dalam memulihkan dan membangkitkan sistem pendidikan.

  • Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekan guru untuk berkreasi  dalam mengajar melalui Kurikulum  Merdeka dan platform Merdeka Mengajar.
  • Kita telah memberikan bukti bahwa upaya untuk memperluas akses terhadap pendidikan yang berkualitas dapat dilaksanakan melalui terobosan mekanisme bantuan Bantuan Operasional Sekolah dan program dukungan beasiswa.
BACA JUGA:  Alumni SD Pertamina Kenali Asam akan Adakan Reuni Akbar

Usai upacara, kepala sekolah, wakil kepala, majelis guru, dan tata usaha memberikan ucapan selamat kepada petugas Paskib yang menjalankan tugas dengan baik dan sempurna. (SB)

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :