27/09/2022

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Vitamin Berenergi dari Pertamina Untuk Masa Depan Wartawan di Jambi

5 min read

Pompa Angguk Pertamina EP-Bajubang, Media Field Trip Pertamina EP 2018, Senin (5/11/2018)/Foto: Hendry Nursal-jambidaily.com

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) salah satunya Pertamina bergandengan tangan erat kepada berbagai pihak, seperti Pers.

Hal itu diimplementasikan SKK Migas wilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) menginisiasi terbentuknya wadah bagi wartawan bernama Forum Jurnalis Migas (FJM) pada April 2014 di Jambi.

“Sinergitas yang saling menguntungkan para pihak. Tanpa ada intervensi atau sejenis tindakan yang merusak kemerdekaan pers. Begitu juga pers dalam menyoroti atau membuat tulisan yang kritis terhadap SKK Migas dan KKKS tidak pernah dilarang. Asal berita itu fakta dan berimbang serta adanya konfirmasi dan verifikasi,” Jelas Mursyid Sonsang, Ketua FJM Jambi (Kamis, 05/08/2022).

Tentunya kata Mursyid Sonsang, Efek yang diharapkan baik jangka pendek maupun jangka panjang dalam jalinan sinergitas ini.

“Dari banyak investor yang menanamkan uangnya di Jambi, usaha perminyakan ini salah satu yang padat modal. Mereka butuh media untuk menyampaikan kegiatan-kegiatan mereka, terutama CSR yang membantu langsung kebutuhan masyarakat. Sinergitas itu tidak bisa dilihat dalam waktu dekat. Tapi akan terlihat dalam jangka panjang. Misalnya kesadaran masyarakat dalam mendukung industri minyak ini. Tidak ada gangguan dari masyarakat sekitar kilang baik unjuk rasa, pencurian dan lainnya,” Tambah Mursyid Sonsang.

Lebih lanjut, dalam penjelasan Mursyid Sonsang ada peran nyata pers dalam mendukung efek berganda Industri Hulu Migas Bagi Masyarakat, karena Industri migas adalah industri yang berkaitan erat dengan masyarakat sekitar. SKK Migas dan KKKS berharap adanya program pengembangan masyarakat akan membangun kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di wilayah operasi hulu migas.

“Di sisi lain masyarakat akan ikut merasa bertanggung jawab akan kelanjutan operasional KKKS, serta tidak melakukan kegiatan yang merugikan industri hulu migas seperti kegiatan ilegal drilling dan Illegal tapping. Masyarakat di sekitar wilayah kerja hulu migas, dapat menambah wawasan dan mengembangkan keterampilan melalui program pengembangan masyarakat yang dilakukan SKK Migas dan KKKS. Pada tata tataran ini peran media sangat penting, membuat berita yang menginspirasi dan membangkitkan semangat yang menginspirasi,” Tutup Mursyid Sonsang.

BACA JUGA:  Meneropong Perkembangan Demokrasi di Indonesia

Sementara itu, Andi Arie Pangeran, Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, menyebut SKK Migas dan KKKS menjalin sinergi yang baik dengan pers yang ada di Jambi. Hubungan yang saling membesarkan dan menjaga ini ditandai dengan penyelenggaraan beberapa kegiatan bersama yang selama ini direalisasikan.

“Sinergi ini digambarkan seperti simbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak mendapat keuntungan masing-masing dari program-program yang dijalankan bersama. Kegiatan-kegiatan SKK Migas-KKKS sering kali melibatkan pers untuk dapat menyampaikan informasi terkini hulu migas kepada masyarakat. Selain itu pula SKK Migas-KKKS sejauh ini terus menjaga komitmen dalam meningkatkan kapabilitas dan skill bagi jurnalis dan diwujudkan melalui pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan guna mendukung dan menciptakan wartawan-wartawan atau insan pers yang tersertifikasi,” Beber Andi Arie Pangeran.

(UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V Tahun 2018 (Sabtu,10/11/2018)/Foto: Dok PWI Provinsi Jambi)
(Andi Arie Pangeran Saat Menyampaikan Kata Sambutan Dibukanya UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan VIII dan IX tahun 2021 (Jum’at, 24/09/2021)/Foto: Dok Panpel)

Terkait peran pers bagi KKKS, Afrianto Comrel & CID Zona 1 Pertamina Hulu Rokan berharap pers dapat menyampaikan informasi yang berimbang terkait semua aktivitas perusahaan, sehingga memberikan memberikan kemaslahatan kepada warga masyarakat Jambi.

“Pertamina EP adalah salah satu KKKS dibawah SKK Migas sumbagsel, selama ini sudah terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik yang diwadahi oleh FJM Jambi. Kami berharap insan pers dapat membantu KKKS dalam menyampaikan informasi yang berimbang terkait semua aktivitas perusahaan,” Ujar Afrianto Comrel & CID Zona 1 Pertamina Hulu Rokan.

“Disamping itu dapat mendukung efek berganda Industri Hulu Migas Bagi Masyarakat dengan terciptanya sinergi yang baik antara insan pers dan perusahaan untuk kepentingan masing-masing pihak, sehingga kegiatan hulu migas ini dapat memberikan kemaslahatan kepada warga masyarakat Jambi,” Tambah Afrianto.

BACA JUGA:  Online-Seminar zu Studien- und Arbeitsmöglichkeiten in Deutschland

Dukungan SKK Migas dan KKKS menciptakan wartawan-wartawan atau insan pers yang tersertifikasi melalui UKW dilaksanakan setiap tahun dan turut dirasakan salah satu wartawan yaitu Pirma Satria Pemimpin Redaksi Harian Pagi Jambi Ekpress, saat mengikuti kegiatan UKW Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi Angkatan Ke-V tahun 2018.

(Media Field Trip Pertamina EP 2019, Kamis (26/09/2019)/Foto: Hendry Nursal-jambidaily.com)

“Saya turut merasakan sinergitas itu, saat mengikuti Uji Kompetensi Wartawan pada tahun 2018 yang didukung penuh oleh SKK Migas dan KKKS Jambi salah satunya Pertamina. Harapan kita tentu dampak nyata juga dirasakan oleh SKK Migas dalam penyebaran informasi positif hulu migas pada masyarakat,” Kata Pirma Satria yang telah mengantongi Kompetensi Wartawan Utama (Kamis, 05/08/2022).

Dia berharap jalinan sinergitas yang telah dibangun sejauh ini bersama SKK Migas dan KKKS berdampak nyata bagi kedua belah pihak.

“Tentunya jalinan sinergitas janganlah terputus, sejauh ini kita bergandengan tangan dalam sisi Pers di Jambi khususnya melihat dampak nyata, merasakan peran SKK Migas dalam membangun kualitas profesi wartawan. Dengan semakin berkualitasnya wartawan akan berbanding lurus dengan perkembangan media, perkembangan dunia pers, tingkat kepercayaan masyarakat juga meningkat atas informasi yang kita hadirkan,” Tutup Pirma Satria.

Selain UKW, Workshop dan Media gathering. Terkhusus Pertamina EP Asset 1 Field Jambi turut memberikan vitamin berenergi untuk wartawan berupa pengetahuan dan wawasan langsung.

Misalnya menggelar Media Field Trip Pertamina EP 2019, Kamis (26/09/2019) yang diikuti oleh 10 wartawan dari 10 media. Kegiatan ini, untuk mengenalkan tentang kerja Pertamina, juga melihat langsung bagian-bagian dan proses serta produksi hingga program CSR.

(Media Field Trip Pertamina EP 2019, Kamis (26/09/2019)/Foto: Hendry Nursal-jambidaily.com)
(Media Field Trip Pertamina EP 2018, Senin (5/11/2018)/Foto: Hendry Nursal-jambidaily.com)

Kala itu, Gondo Irawan, Jambi Field Manager (Kamis, 26/09/2019) berharap melalui Media Field Trip Pertamina EP 2019, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Lalu, kegiatan ini juga sebagai sarana silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan terhadap bisnis Pertamina dengan rekan-rekan media, baik media cetak, elektronik maupun online di Provinsi Jambi.

BACA JUGA:  Taj Mahal Entertainment Pergelarkan Tari dan Lagu Khas India di Taman Budaya Jambi

“Kami berharap dengan digelarnya kegiatan ini dapat meningkatkan komunikasi dan menumbuhkan kedekatan, sehingga terjalin hubungan yang sinergis dan harmonis antara media dan Pertamina yang beroperasi di wilayah Jambi,” Harapnya.

(Aiman saat memberikan Pemaparan, media gathering secara virtual bertema ‘Webinar Junalistik Adaptif’ (Kamis, 25/03/2021)/Tangkapan layar/Hendry Nursal-Jambidaily.com)

Media Field Trip sejatinya terlaksana setiap tahun, sempat terhenti ketika pandemi Covid-19 melanda. Namun, kepedulian Pertamina Eksplorasi dan Produksi (Pertamina EP/PEP) terhadap kinerja jurnalis tak surut walaupun pandemi covid-19 belum usai.

Untuk menjaga kemitraan dan memperkuat cara bagaimana mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya dan bertahan bagi media, Pertamina EP Asset 1 dan 2 menggelar media gathering secara virtual bertema ‘Webinar Junalistik Adaptif’ (Kamis, 25/03/2021) yang lalu. (*/HN)

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :