26 April 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sang Juara Berbalas Pantun SMA/SMK Provinsi Jambi dari SMANSA

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Gadis cantik berhijab dari SMA Negeri 1 Kota Jambi berhasil menggondol juara I lomba berbalas pantun tingkat SMA/SMK Provinsi Jambi. Pelaksanaan lomba pertengahan November 2022 lalu.

Selain mendapat tropi dan piagam penghargaan, ia juga mendapat uang pembinaan sebesar tiga juta lima ratus ribu rupiah dari panitia lomba.

Elora Maulina nama lengkapnya, dilahirkan di Jambi, 12 April 2005 lalu. Ia merupakan buah hati dari pasangan Efi Yumasri dan Irma Suryani. Saat ini sedang menimba ilmu pengetahuan di SMA Negeri 1 Kota Jambi tepatnya di Kelas XII MIPA 4.

Menurut Elora panggilan akrabnya, ia dilatih mamanya dimulai dari bangku SD belajar sastra diantaranya, membuat pantun, membuat puisi serta membacanya. Bukan itu saja, ia juga diajarkan berpidato serta membuat naskahnya.

“Prestasi yang diraih selama mengikuti lomba berkat peran dan bimbingan orang tua saya. Mama dosen Pendidikan Bahasa Indonesia di FKIP Unja. Juga dilatih dilatih oleh guru Bahasa Indonesia di sekolah ,” ungkap Elora.

Lanjutnya, belajar pantun merupakan hal yang menarik. Karena sebuah karya sastra Indonesia tak hanya mempunyai rima dan irama yang indah tetapi juga memiliki makna yang sangat penting.
“Biasanya pantun terdiri atas empat baris. Baris pertama merupakan sampiran dan baris ketiga dan keempat merupkan isi,” jelas Elora.

Ketika ditanya cita-citanya, ia menjawab ingin menjadi psikolog. Karena dapat melatih berpikir secara kritis juga dituntut untuk tidak mudah mengambil kesimpulan. Bisa memahami diri sendiri dengan cara melihat dan memahami prilaku orang lain yang mirip.

“Lulusan psikologi bisa memilih karir yang lebih leluasa. Bisa menjadi psikologi di bidang dunia kesehatan dan juga bisa menjadi guru konseling di bidang kesehatan,” pungkas Elora Maulina.

Irwansyah, S.Pd., M.Pd.I Kepala SMA Negeri 1 Kota Jambi menanggapi hasil yang diperoleh Elora mengungkapkan, prestasi yang luar biasa. Bisa mengalahkan peserta lain dari siswa SMA/SMK se-Provinsi Jambi. Karena lomba berbalas pantun bukanlah hal yang mudah, membutuhkan jawaban yang spontan dari lawannya.

“Saya sebagai guru Bahasa Indonesia merasa bangga atas prestasi yang diperoleh Elora Maulina. Sudah tentu membawa nama baik SMA Negeri 1 Kota Jambi. Selamat ya Ananda, semoga cita-cita ingin menjadi Psikolog tercapai,” tutup Irwansyah.

Prestasi yang diraih Elora Maulina
– Juara I Lomba Cipta Pantun Tingkat Nasional
– Juara II Berbalas Pantun Tingkat Sumatra
– Juara I Lomba Baca Puisi Tingkat Sekolah
– Juara I Lomba Berbalas Pantun Tingkat Tingkat SMA/SMK Provinsi Jambi (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =