21 April 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

KTP Digital untuk Para Remaja Mulai Diterapkan Pemkot Jambi

2 min read

KTP Digital/gorontalo.pikiran-rakyat.com

JAMBIDAILY TEKNOLOGI – Pemerintah Kota Jambi sudah memulai menerapkan KTP Digital untuk warga Kota Jambi. Telah tercatat, ada sekitar 20 ribu warga yang sudah memiliki KTP Digital dari 441 ribu warga Kota Jambi yang telah melakukan perekaman KTP.

Sejak diluncurkan program KTP Digital pada akhir 2021 lalu, Dinas Dukcapil Kota Jambi terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait itu.

KTP Digital ini tidak harus berbentuk fisik atau kartu, sebab KTP jenis ini bisa terkoneksi melalui ponsel.

“Cukup di dalam handphone-nya.
KTP ini lebih mudah, tidak memerlukan kartu bisa langsung dari handphone,” jelas Nirwan. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi, Nirwan Ilyas beberapa waktu lalu.

Dalam menggalakkan program KTP Digital ini, Dinas Dukcapil Kota Jambi membuka 4 lokasi pelayanan, yakni di Gerai Pelayanan Mal Pelayanan Publik atau MPP, Gerai Pelayanan Mal Lippo Plaza, Gerai Pelayanan di Kecamatan Pelayangan dan Gerai Pelayanan di Dinas Dukcapil Kota Jambi.

Di Gerai Pelayanan tersebut, masyarakat tidak hanya bisa mengurus KTP Digital saja, namun juga KK, NPWP hingga kartu vaksin.

“Tidak hanya KTP. Ada KK ada NPWP ada kartu vaksin. Semua kartu ini dalam rangka satu data Indonesia,” ujarnya.

Nirwan menjelaskan, penerapan KTP Digital ini akan dilakukan secara bertahap hingga nanti di tahun 2024 bisa mulai diterapkan secara keseluruhan.

“Saat ini masih pada tahap pengembangan, dan nanti arahan dari Dirjen Dukcapil di tahun 2024 sudah tidak lakukan pencetakan,” jelasnya.

Untuk percepatan penerapan KTP Digital ini, pada bulan Januari 2023 Dinas Dukcapil Kota Jambi akan melakukan perekaman KTP pada para warga usia remaja dan akan langsung pengaktifan KTP Digital.

“Di bulan Januari 2023 kami akan turun ke sekolah-sekolah baik SMA negeri maupun swasta untuk melakukan perekaman e-KTP sekaligus untuk KTP digital bagi adik-adik pelajar SMA dengan guru-guru SMA,” pungkasnya.***

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 53 = 56