26 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Besok Pelajar Mainkan Dul Muluk Berjudul ‘Cik Supik’ di Taman Budaya Jambi

1 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Puluhan pelajar SD dari berbagai sekolah di Kota Jambi akan mementaskan pertunjukan teater tradisi Dul Muluk di panggung arena, Taman Budaya Jambi (TBJ) dan akan memainkan lakon yang berjudul “Cik Supik”.

Yuyun DNS, selaku sutradara, menerangkan, pertunjukan Dul Muluk “Cik Supik” ini merupakan bentuk nyata dari implementasi kurikulum merdeka dalam tujuan penguatan profil pancasila yang bertemakan kearifan lokal.

Ia juga menuturkan, secara praktikal pertunjukan ini dibawah asuhan Teater Ananda Lima Satu dan Teater Ananda Sekato dan didukung sejumlah sekolah, Pemkot Jambi serta Pemprov Jambi.

“Proses latihan berlangsung sekitar dua bulan dan melatih puluhan anak SD bukanlah pekerjaan mudah serta penuh tantangan. Mudah-mudahan pertunjukan ini bisa mendorong rasa cinta pelajar kepada kesenian Jambi,” kata Yuyun, Selasa sore (14/2/2023).

Dul Muluk merupakan teater tradisi Jambi yang banyak mengisahkan tentang kejayaan Kerajaan Melayu. Dikenal secara kental sebagai teater tradisi peninggalan abad ke-19 yang mengandung unsur komedi, diselipkan pantun serta memiliki pesan moral yang khas. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1