26 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Larat Jiwe dan Elegi Serdadu Merah Di Taman Budaya Jambi

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Bekerja sama dengan Taman Budaya Jambi, Program Studi Seni Drama, Tari dan Musik Universitas Jambi akan mementaskan Larat Jiwe dan Elegi Serdadu Merah pada 28 Februari 2023.

Larat Jiwe menggambarkan perjuangan seorang anak dalam memerangi perasaan kehilangan sosok ayah yang sangat dia cintai.

Kerinduan dengan memori masa kecil membuat dia lemah dan sering kali merasa kesepian. Tetapi, hidup harus terus berjalan, dan harus mampu kuat dan bangkit agar tidak hanyut dalam perasaannya sendiri.

Sementara itu, Elegi Serdadu Merah berdasarkan Abstract karya yang didapat jambidaily.com melalui repository.unja.ac.id, karya tari yang menggambarkan Pasukan selempang merah merupakan pasukan perang yang berasal dari Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam melawan pasukan Belanda pada masa penjajahan.

keberadaan kaum wanita dalam hal ini mempunyai peran penting, segala hal dalam persiapan perang dipikirkan oleh kaum wanita seperti logistik, hingga suport sistem. Tak lupa do’a yang selalu dipanjatkan para kaum wanita untuk prajurit.

Dengan rasa cemas dan khawatir yang terus dirasakan para kaum wanita saat perang(turun). kepulangan prajurit dengan selamat membuat kaum wanita merasa lega, walaupun dia tau akan ada perang lagi dan lagi.

Kepulangan yang sebenarnya, kepulangan kita kepada Tuhan. Persiapan yang terus dilakukan oleh kaum wanita ini persiapan untuk kepulangan sebenarnya itu.

Dalam karya Elegi Serdadu Merah ini, pengkarya mencoba mewujudkan gambaran tentang prajurit yang tengah mempersiapkan diri untuk melawan pasukan penjajah. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 63 = 66