21 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tangkal Hoaks di Tahun Politik, SMSI Jambi Gelar FGD Bersama Intelkam Polda Jambi

2 min read
JAMBIDAILY HUKUM – Dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas di Provinsi Jambi, khususnya pada tahun politik, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi bekerjasama dengan Ditintelkam Polda Jambi menggelar kegiatan Fokus Group Discussion (FGD).
FGD akan digelar selama dua hari, tanggal 19-20 Mei 2023 di Hotel Shang Ratu Jambi, mengambil tema ‘Peran Media Siber Tangkal Berita Hoaks di Tahun Politik’. FGD diikuti 25 peserta anggota SMSI Provinsi Jambi.
“Dalam FGD ini pula kita turut menggandeng Dit Intelkam Polda Jambi khususnya bidang Politik sehingga sinergitas antara media dan Polri bisa berjalan dengan baik,” ujar Ketua Panitia Irwansyah, Kamis malam (18/5/23).
Selain itu, dijelaskan Irwan, dalam FGD ini, empat orang nara sumber akan menampilkan makalah mereka. Nara sumber yakni Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putranusa, Pemred Jambi Ekspres Pirma Satria, Ketua Forum Pemred SMSI Provinai Jambi Risza S Bassar dan Pengurus SMSI Pusat Hery Farmansyah.
‘’Kita berharap para peserta, khususnya wartawan yang meliput di desk politik bisa membuat berita sesuai hasil wawancara dan tidak membuat berita hoaks apalagi menggiring opini yang membuat situasi politik tidak kondusif,” lanjutnya.
Dia menambahkan, SMSI juga mengucapkan terima kasih kepada Direktorat Intelkam Polda Jambi yang telah memfasilitasi kegiatan FGD ini sehingga ke depannya pers khususnya Media Siber yang tergabung dalam SMSI bisa membantu menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang.
‘’Intinya, SMSI siap membantu menyukseskan seluruh tahapan Pemilu yang saat ini sudah mulai berjalan,’’  tandasnya.
Sementara itu, Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putranusa mengatakan peran media siber sangat penting untuk menangkal berita hoaks yang biasanya akan meningkat di tahun politik ini.
Menurutnya, media online atau siber harus mengedukasi masyarakat dengan pemberitaan yang berimbang dan tidak menggiring opini yang berujung pada perpecahan antarkelompok selama tahapan dan pelaksanaan Pemilu.
‘’Inilah yang akan kita bicarakan di FGD itu. Bagaimana peran media siber yang tergabung dalam SMSI Provinsi Jambi untuk menciptakan suasana Pemilu yang kondusif, aman dan damai,’’ ujarnya.(*)
Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

34 − = 32