20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi Gelar Simulasi dan Pelatihan Deteksi Dini Kebakaran

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Sirine panjang berbunyi di Mako Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) kota Jambi, karena mendapat informasi telah terjadi kebakaran, tepatnya di Gedung Telkomsel Telecommunication Centre (TTC), jalan Slamet Riyadi, kota Jambi.

Informasi itu, direspon dengan cepat oleh Personel Damkartan kota Jambi. Satu Unit armada pun terlihat meluncur berhadapan dengan kendaraan yang ramai terutama di kawasan Sipin kota Jambi.

Situasi ramainya jalan tidak menghalangi respon cepat dari Damkar, walaupun ramainya jalan karena bertepatan dengan jam-jam sibuk, hanya membutuhkan waktu lebih kurang 5 menit tiba di Jalan Slamet Riyadi

Dinas Damkartan Kota Jambi menggelar Simulasi dan pelatihan deteksi dini kebakaran bagi security PT Kinarya Selaras Piranti Cabang Jambi (Kamis, 20/07/2023).

Simulasi dan pelatihan tersebut tidak hanya berupa teori namun langsung praktek lapangan yang berlokasi langsung dari Mako Damkar kota Jambi dan Gedung Telkomsel Telecommunication Centre (TTC), jalan Slamet Riyadi, kota Jambi.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Jambi, Mustari Affandi, AP, ME menuturkan pentingnya sistem informasi penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan daerah kota jambi (SIMERAH KOJA).

“Kegiatan pelatihan dan simulasi penanggulangan Kebakaran digelar bagi 20 personil security Telkom TTC Jambi dengan instruktur dinas Damkar kota Jambi. Pelatihan digelar setelah kami melakukan perjanjian kontrak kerja sama,” Tuturnya Mustari Affandi, seusai kegiatan.

Selain itu, dalam penjelasan Mustari Affandi bahwa Perjanjian kerja sama merupakan salah satu eviden proyek Perubahan Diklat Kepemimpinan Nasional II

“Itu merupakan Diklat Pim Nasional Angkatan X Tahun 2023 yang dilaksanakan Pudiklat LAN RI Jakarta dengan mengedepankan Pelayanan Publik berbasis Digitalisasi,” Jelasnya.

Dalam simulasi dan pelatihan, security Telkom TTC Jambi mendapatkan teori dasar pencegahan dan pemadam kebakaran, sarana proteksi kebakaran, lalu praktek kering fire alarm, fire hydrant dan praktek evakuasi gedung.

“Kita berikan materi penting bagi security, dari Instruktur berpengalaman di Damkar. Tidak hanya berupa teori di dalam ruangan saja namun juga praktek. Untuk praktek lapangan kita libatkan satu unit armada dengan 1 orang driver dan 1 orang helper,” Urai Mustari Affandi

“Pantang pulang bagi kami sebelum padam,” Tegas Mustari Affandi mengakhiri pembicaraan (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

77 − 67 =