8 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Mengintip Persiapan Festival Gong Sitimang, Pada 4-6 Agustus 2023 di Danau Sipin Kota Jambi

3 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Tim kerja festival terus melakukan persiapan jelang digelarnya Festival Gong Sitimang pada 4-6 Agustus 2023 di Danau Sipin, Kota Jambi.

Festival Gong Sitimang yang merupakan rangkaian dari Kenduri Swarnabhumi ini melibatkan Komunitas dan Sanggar seni dari berbagai genre bersinergi dengan pemerintah kota Jambi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Jambi.

“Tentunya kita akan persiapkan dengan baik, pelibatan berbagai elemen serta unsur masyarakat menjadi kunci terpenting. Kita jaga kekompakan, jalinan komunikasi yang baik dan semangat yang sama dalam menyukseskan Festival Gong Sitimang,” Ungkap Maryanti, Kepala Dinas Pariwisata Kota Jambi, Selasa (18/07/2023).

Hal itu disampaikan Maryanti yang didampingi para Kepala Bidang saat pertemuan dengan Didin Siroz selaku Direktur Festival didampingi Hendry Nursal sebagai Direktur Artistik.

Tim kerja sebelumnya telah mendapatkan Program Peningkatan Kapasitas Rangkaian Pendampingan Kenduri Swarnabhumi 2023 Festival Gong Sitimang Kota Jambi yang berlangsung 3 s.d 4 Juli 2023 dan diiikuti 40 peserta.

Kemenristek RI melalui Dirjen Kebudayaan menghadirkan 4 Pemateri, yaitu Wicaksono Adi (Dramaturgi dan Visi Festival Kebudayaan), Fauzan Mubarok (Tata Bunyi dan Sound Engineer), Dimas Jayasrana (Strategi Publikasi), dan Eko Prawoto (Tata Ruang dan Tata Artistik).

(Maryanti, Kadis Parbud Kota Jambi/tengah, Didin Siroz/kanan, Hendry Nursal/kiri)

Festival Gong Sitimang turut mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Jambi melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kota Jambi, nantinya memiliki 4 kegiatan besar yaitu: Bersih-bersih Danau Sipin, Lomba Umbul-umbul, Bazar UMKM dan Pergelaran Teater secara kolosal.

Selain itu, juga terdapat kegiatan lain, yaitu: Lomba mewarnai, Pembacaan Dongeng, Lomba Masak bertema Ikan, pemutaran Film pendek.

“Saat ini kami terus mempersiapkan segala sesuatunya, baik dari sisi produksi maupun materi pergelaran. Selain seni dan budaya yang kita hadirkan, terpenting pesan yang ingin kami sampaikan bagaimana kita bersama menjaga lingkungan, menjaga Danau Sipin sebagai area serapan di kota Jambi,” Ujar Didin Siroz, disela-sela latihan pergelaran kolosal bertajuk ‘Ruwatan Bumi’

Dari data pendukung acara, untuk pergelaran di Festival Gong Sitimang akan melibatkan komunitas dari berbagai genre seni dan warga sekitaran Danau Sipin, yaitu:

1.Teater Tonggak
2.Teater AiR
3.Teater RASI
4.Teater Alief
5.Teater Lam Alief
6.Sanggar Seni S
7.Sanggar Gong Sitimang
8.Ukar Dance Project
9.Simpul Merah Art Movement
10.Komunitas Film
11.Komunitas Perahu Danau Sipin
12.Komunitas Remaja Masjid di RT Setempat
13.Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Jambi
14.Duta Bahasa Kota Jambi
15.Warga di RT Setempat

“Tidak hanya dari unsur pergelaran saja, namun untuk UMKM pun melibatkan warga sekitar selain adanya UMKM Binaan juga adanya area khusus jajanan pasar diisi para pedagang yang ada di kawasan Danau Sipin,” Tutur Didin Siroz.

Lantas mengapa Danau Sipin? Klik Tautan ini Festival Gong Sitimang di Danau Sipin (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 5