20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kasrem 042/Gapu Dampingi Menteri ATR/BPN Ke Provinsi Jambi

2 min read

JAMBIDAILY.COM – Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ali Aminudin, S.E., M.M menyambut kedatangan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto di VIP Room Bandara Sultan Thaha Jambi, Kamis (24/08/2023).

Pada kesempatan ini, Kasrem bersama dengan Gubernur Jambi, Al Haris, Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono, dan sejumlah rombongan turut mendampingi sejumlah kegiatan Hadi Tjahjanto di Jambi.

Agenda kunjungannya Menteri ATR/BPN kali ini menghadiri kegiatan Panen Raya Provinsi Jambi dan menyerahkan sejumlah sertipikat yang telah selesai proses penyertipikatannya.

Pertama-tama, Menteri ATR/Kepala BPN menuju Candi Muaro Jambi. Dirinya menyerahkan 18 sertipikat hak pakai Candi Muaro Jambi dengan total luas 97,2 hektare yang akan diserahkan kepada Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Provinsi Jambi dan Bangka Belitung.

Penyerahan sertipikat ini menjadi bukti komitmen Kementerian ATR/BPN untuk menyelamatkan situs-situs cagar budaya di Indonesia.

Masih di lokasi yang sama Menteri ATR/Kepala BPN juga akan menyerahkan sebanyak 12 sertifikat yang terbagi atas sertifikat Aset Pemprov Jambi, Barang Milik Negara (BMN), Barang Milik Daerah (BMD), Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Lintas Sektor, wakaf, dan redistribusi tanah.

Hadi Tjahjanto kemudian mengapresiasi kinerja Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jambi yang berhasil “panen” 13.366 sertifikat tahun ini.

Pada kegiatan Panen Raya ini dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman antara Bupati Batanghari dengan Bupati Muaro Jambi.

Nota kesepahaman ini adalah bentuk upaya menyelesaikan Konflik Transmigrasi Trans Unit XXII Tanjung Sari, sehingga masyarakat bisa mendapatkan kepastian hukum.

Dalam kesempatan yang sama, Kementerian ATR/BPN memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Tebo yang telah aktif mendukung pelaksanaan PTSL.

Dukungan itu termasuk dengan menggratiskan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk masyarakat penerima program PTSL.

Diinformasikan bahwa saat ini dari total 2,5 juta bidang tanah yang ada di Provinsi Jambi, telah terdaftar sebanyak 1,8 juta bidang tanahnya atau sebanyak 72 persen.

Turut mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN dalam kunjungan kerja di Provinsi Jambi, Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati; Staf Khusus Bidang Komunikasi dan Pelayanan Publik, Andi Saiful Haq; Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi, Kevin Haikal; Kepala Kanwil BPN Provinsi Jambi; Agustin Iterson Samosir; serta Kepala Kantor Pertanahan se- Provinsi Jambi; Kepala Satgas Koordinasi dan Supervisi Pencegahan KPK Wilayah IMaruli Tua; Bupati/Wali Kota Se- Provinsi Jambi; serta Rektor Universitas Jambi dan Universitas Muaro Bungo.
(Penrem 042/Gapu)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

37 − 34 =