19 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Juara Harapan 2 Tepak Karsa di Festival Musik Remaja tahun 2023 Taman Budaya Jambi

1 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Tepak Karsa, meraih juara harapan 2 dalam ajang Festival Musik Remaja yang berlangsung 25 s.d 27 September 2023 di Taman Budaya Jambi.

Judul Musik LANTUN DANG GANTUNG, Komposer: Heri Maulana, para pemusik: Abdi Ryna, Niko Hutagalung, Daniel Nugroho, Alvin Hakim, M Ridho, Heri Maulana, Rabuansyah, Aldi.

Karya ini diangkat dari Tradisi Gambang Jambi Kecil, yang berada di Desa Jambi Kecil Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi.

Gambang Jambi kecil Menceritakan Tentang Seseorang Yang telah letih bekerja dan ingin menikmati suasana di sawah dengan cara memainkan gambang yang terbuat dari bilah kayu, gambang ini biasanya digunakan untuk media ungkap sang pelaku kesenian.

Pengkarya Menangkap ungkapan sang pelaku melalui liriknya, yang berada di kaliamat lirik tersebut yang menggunakan kalimat pujian.

Selain itu, materi musikal yang terdapat di tradisi ini seperli melodi, pola iræn dan timbre memberikan stimulus inspirasi untuk membuat karya dalam bentuk format ensamble campuran yang berisikan saxsophone, vocal, gitar, accordion, perkusi, bass dan squencer, dan gambang itu sendiri.

Pengkarya
Hendak Berlayar Kepulau Kelapo
Kelapo Tuo hanyut mengapung
Persembahan untuk kerabat Budayo
Inilah dio Lantun Dang Gantung

(*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 3