3 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Telah Dibuka Gubernur, Taman Budaya Jambi Pamerkan 78 Karya Seni Rupa Dua dan Tiga Dimensi

3 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos., M.H, yang diwakili oleh yang diwakili oleh Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Muktamar Hamdi, Buka Temu karya Kabupaten/kota dalam provinsi Jambi bersamaan Pameran Seni rupa se-provinsi Jambi di halaman terbuka Taman Budaya Jambi, Rabu (01/11/2023) malam.

Pameran seni rupa dua dan tiga dimensi digelar Taman Budaya Jambi dengan melakukan undangan terbuka terhadap seniman perupa Se-Provinsi Jambi, dengan mengangkat tema ‘Upacara Adat’

Mewakili Gubernur Jambi, dalam pidato kebudayaan yang disampaikan oleh Muktamar Hamdi, menekankan pada kegiatan ini merupakan agenda yang dapat mendorong tumbuh kembangnya seni dan budaya Jambi dan pemerintah provinsi Jambi memberikan perhatian yang besar terhadap seni dan budaya.

Dia menyebut berdasarkan data kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif, peranan sektor seni memberikan kontribusi berkisar 1.500 triliun rupiah terhadap perekonomian Indonesia.

“Ini merupakan angka yang luar biasa, oleh karena itu kita berharap kedepan sektor seni budaya tidak hanya upaya kita melestarikannya. Seperti yang kita lihat tadi, kekayaan dari 11 kabupaten/kota inilah kekayaan kita yang belum tentu dimiliki negara lainnya. Pertanyaannya apakah cukup hanya kebanggaan? artinya kedepan jangan hanya menjadi ajang pelestarian seni dan budaya, tetapi kedepan mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan ekonomi khususnya di sektor seni dan budaya di provinsi Jambi,” Urai Muktamar Hamdi.

TBJ Hadirkan Seremonial Temu Karya Se-Provinsi Jambi Dengan Meriah dan Dibuka Gubernur Jambi

Disamping itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata provinsi Jambi Imron Rosyadi dalam laporannya menyampaikan apresiasinya kepada Taman Budaya Jambi dan seluruh seniman yang terlibat.

“Terima kasih kepada Taman Budaya Jambi dan seniman yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan baik. Setiap kelompok memiliki cara yang berbeda-beda dalam menginformasikan nilai-nilai kepada masyarakatnya, Taman Budaya Jambi melalui Temu karya Kabupaten/kota dalam provinsi Jambi dan Pameran Seni rupa se-provinsi Jambi tahun 2023, sebagai jawaban atas pertanyaan akan kemana kearifan lokal berhadapan dengan kemajuan teknologi yang lambat laun akan merubah pola pikir manusianya,” Ungkap Imron Rosyadi.

Disisi lain, Eri Argawan selaku kepala Taman Budaya Jambi menuturkan bahwa Program Pameran dilaksanakan dengan tujuan memberi kesempatan kepada seniman seni rupa untuk memamerkan karya cipta seninya, memberi pacuan kreativitas bagi para seniman seni rupa.

“Ada 78 Karya perupa yang kita pamerkan, pameran ini adalah kegiatan menyajikan karya-karya seni rupa yang bermutu, baik karya seni rupa dua dimensi maupun tiga dimensi, hasil karya seniman senior maupun junior,” Ungkap Eri Argawan, Kepala Taman Budaya Jambi (Rabu, 01/11/2023) disela-sela mendampingi Wakil Gubernur Jambi mengunjungi area pameran.

Kata Eri Argawan, juga sebagai upaya peningkatan apresiasi seni masyarakat, sebagai ajakan untuk tetap menekuni profesinya sebagai seniman seni rupa serta memberi kesempatan kepada seniman untuk meningkatkan kesejahteraan materialnya.

“Selain itu, Dengan tujuan untuk generasi muda sebagai bentuk upaya menanamkan kepedulian untuk menciptakan ruang pemikiran dan kecintaan terhadap kesenian lokal sehingga tercipta produktivitas seni dan budaya kreatif,” Tutupnya.

Pameran seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi, dibuka sejak pukul 08.00 wib sampai selesai, berlangsung hingga 5 November 2023 di Gedung Prosenium Taman Budaya Jambi. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 2 =