4 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kota Jambi, Kabupaten Tanjab Timur dan Kota Sungaipenuh, Dalam Temu Karya Se-Provinsi Jambi Tahun 2023 di TBJ

3 min read

Penampilan dari Kota Jambi/Foto: Wildan_JambidailyDOTcom

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi melalui UPTD Taman Budaya Jambi, akan membuka secara resmi pada 1 November 2023 gelaran Temu karya Kabupaten/kota dalam provinsi Jambi dan Pameran Seni rupa se-provinsi Jambi.

Perhelatan tersebut untuk temu karya berlangsung pada 1 s.d 3 November 2023, pameran seni rupa 1 s.d 5 November 2023 terbuka bagi umum untuk menyaksikannya dan tidak dipungut bayaran.

Kegiatan Temu Karya berlangsung di Halaman terbuka Taman Budaya Jambi, di Jalan Sei Arbai I, Sungaikambang kecamatan Telanaipura, kota Jambi.

Malam Ketiga (Jum’at, 02/11/2023) menghadirkan Kota Jambi, kabupaten Tanjungjabung Timur, Merangin, Kerinci, Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Bungo

(Penampilan dari Kota Jambi/Foto: Wildan_JambidailyDOTcom)

Selingkung Bumi, Asal Kota Jambi
Judul Karya MEMANGGUNG

Setiap daerah di provinsi Jambi pasti ada yang nama nya upacara adat, upacara adat telah menjadi identitas lokal yang menciri khas pada daerah tersebut, salah satu nya upacara adat pernikahan di seberang kota Jambi, masyarakat yang masih orisinil dengan keaslian budaya membuat tradisi upacara adat sangat kental pada daerah ini, ketika akan melaksanakan pernikahan mereka akan ada sebuah kebiasaan masak-memasak secara bergotong royong, kaum laki-laki nya bertugas untuk memasak segala jenis masakan yang dibantu oleh perempuan untuk menghidangkannya.

Tradisi ini sebagai inspirasi penata tari dalam membuat sebuah perfoming art kolaboratif, kontradiktif antara zaman modern dan tradisi menjadi benang merah dalam pertunjukan ini, masyrakat seberang masih mengenggam kebiasaan bahwa ketika ada yang menikah harus masak bersama, sementara dibeberapa momen ada juga yang sudah beralih pada cara masak modern.

(Penampilan dari Kabupaten Bungo/Foto: Wildan_JambidailyDOTcom)

 

Kabupaten Batanghari dan Sarolangun, Dalam Temu Karya Se-Provinsi Jambi Tahun 2023 di TBJ

Beduk Sejuk Duano, Asal Kabupaten Tanjungjabung Timur
Judul karya TARI SUMBUN DUANO

Tari Sumbun Duano mengangkat kisah tradisi upacara adat masyarakat Duano sebelum menyusuri Sungai Batanghari menuju Beting dan aktivitas memanen Sumbun.

Sumbun merupakan salah satu jenis kerang yang cangkangnya menyerupai bambu. Di Provinsi Jambi, Sumbun ini hanya dapat ditemukan di wilayah pesisir Kampung Laut, Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur.

(Penampilan dari Kota Sungaipenuh/Foto: Wildan_JambidailyDOTcom)

Kota Sungaipenuh
Judul karya BUTALE

Karya ini terinspirasi dari ketertarikan komposer pada unsur musikal yg ada di tradisi tale naik haji yang ada di kota sungai penuh kerinci jambi. Dari unsur musikal tersebut, di olah menjadi komposisi musik baru. Yang mana karya ini merepresentasikan prosesi yang di tradisi tale naik haji.

Adapun pada bagian 1 komposer mencoba mewujudkan narasi pembukaan pada prosesi pertama, kemudian pada bagian 2 menarasikan isi dan pada bagian ke 3 menarasikan rasa ikhlas melepas kepergian calon jamaah haji, yang mana pada setiap bagian di transformasikan kedalam komposisi musik dengan format ensamble. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 7