14 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sanggar Seni Arasy Raih Prestasi Juara 1 Lomba Teater Cerita Rakyat di Festival Kerinci Ke-XXI

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Sanggar Seni Arasy kembali menoreh prestasi dengan meraih Juara 1 atau Terbaik 1 dalam kategori Lomba Teater Cerita Rakyat yang dipentaskan pada Festival Kerinci ke-XXI, Kamis (02/11/2023).

Festival Kerinci merupakan agenda nasional dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terkhususnya Kabupaten Kerinci.

Setelah mendapatkan informasi mengenai perlombaan Teater cerita rakyat kerinci, Tim dari Arasy langsung dengan sigap mempersiapkan diri dan melakukan Casting. Dalam pemilihan peran, maka dapatlah sebanyak 5 orang pemain dan 3 orang pemusik yang berasal dari daerah kerinci.

Dalam melakukan proses latihan, Teater arasy mengadakan latihan setiap hari sebelum H-10 Hari sebelum perlombaan dimulai, artinya Para pemain harus optimis dalam melaksanakan latihan demi mendapatkan hasil terbaik di dalam Perlombaan.

Teater Arasy Menyajikan Naskah : Perjuangan Depati Parbo, Penulis Naskah : Medi Saputra, S.Sn, Sutradara : Randa Deski Hidayat, Penata Artistik : Mohd. Rakis Oprasendi.

Para Pemain :
1. Arya Geni Permana Sebagai Depati Parbo
2. Chelsea Viora Olivia Sebagai Mak
3. Tasya Anisifa Sebagai Anak
4. Mohd. Rakis Oprasendi Sebagai Ajudan Depati
5. Fauzan Almahiry Sebagai Ajudan Depati

Pemusik :
1. Syafiqy Ramadhani Sebagai Gitaris
2. Randa Deski Hidayat sebagai Pianika
3. Nabil Edriansyah Sebagai Perkusi

Kisah depati parbo ini menceritakan tentang Perjuangan depati parbo pada tahun 1900 dalam mengusir penjajah belanda yang ada di daerah kerinci.

Setelah berjuang sekian lama, maka Belanda berhasil terusir dari daerah kerinci, dan pada akhirnya Mardeka!!!

Mohd. Rakis Oprasendi (Senior dan Pendamping Teater Arasy) menyampaikan selamat dan jadikan ini sebagai motivasi untuk kedepan, supaya teater di daerah kerinci banyak diminati oleh Masyarakat.

“Selamat dan Sukses untuk Tim Teater Arasy yang trlah berhasil mengukir prestasi sebagai Juara 1 Teater Cerita Rakyat Kerinci Pada Festival kerinci Ke-XXI Tahun 2023, semoga dengan diadakannya Event teater perdana di kabupaten kerinci, akan menarik peminat masyarakat untuk ikut dalam Seni Teater. Dan Semoga Kedepannya Teater Arasy Akan Selalu mengukir Prestasi” Ujarnya. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 8 = 14