19 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SKK Migas-PetroChina Bersama Stakeholder WK Gelar Lokakarya dan Diskusi Terfokus Penanganan Kejadian Korban Massal

2 min read

JAMBIDAILY ADVETORIAL– SKK Migas-PetroChina bersama stakeholder terkait di Wilayah Kerja Kabupaten Tanjabbar dan Tanjabbtim menggelar Lokakarya untuk meminimalisir dan menghadapi kejadian dengan korban massal.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi masukan bersama dengan mengundang dua orang narasumber dr. Handoyo Kun Hendrawan dan dr. Suryo Wibowo.

Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Rudy Hermawan menyampaikan, Kegiatan Lokakarya ini melibatkan para stakeholder terkait di Wilayah Kerja Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi sebagai upaya bersama meminimalisir resiko menghadapi kejadian dengan korban massal.

“Melalui lokakarya ini juga akan terbagung sinergitas dan koordinasi dengan semua stakeholder yang ada” paparnya saat membuka kegiatan Lokakarya selama dua hari ini di Swissbel Hotel, Sabtu 25 November 2023.

Untuk itulah dalam lokakarya ini kita mendatangkan narasumber yang sangat berkompeten yang akan memberikan materi terkait.

“Seperti apa kategorinya, penanganan di lokasi kejadian hingga rumah sakit mana yang akan dituju, itulah mengapa kami menganggap pentingnya mengadakan Focus Group Discussion ( FGD) ini, agar didapatkan satu persepsi,” jelasnya.

Dia berharap para peserta dapat mengikuti lokakarya ini agar dapat menangani kejadian dengan korban massal jika terjadi dikemudian hari.
“Kita berharap nantinya jika terjadi musibah akan dapat satu pemahaman dalam penanganan dan menangulani kejadian dengan korban massal,”pungkasnya.

Sementara itu, dr. Handoyo Kun Hendrawan memberikan tiga materi penting sebagai masukan bagi peserta, antara lain; Improved Preparedness Planning, Capacity Building and Capacity dan materi k Risk Assessment.

Sedangkan pemateri lainnya, dr. Suryo Wibowo memberikan sharing knowledge ; the important of mass casualty management training in oil and gas sector dan materi materi incidence responden.

Para peserta lokakarya juga mengikuti penanganan kejadian dengan korban massal dan diskusi kelompok terfokus serta simulasi Mass casualties incident dan tertib administrasi.

Para peserta Stakeholder terkait dari Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur terdiri dari; BPPD, Kodim 0419/Tjb, Polres, Dinas Kesehatan, Dinas LH, Damkar, KSOP, dan Dinas LH Provinsi Jambi.

Turut hadir dari SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Vicky Tri Laksono, HSE Superintendent dr Frans Henny dan Andi Gustawan, Government and Relation Superintendent Lasno, Comdev Jabung Suhandra.

Rangkaian kegiatan Lokakarya dan diskusi terfokus ini berjalan lancar dan para peserta mengikuti dengan penuh semangat.

Edit: Hery FR

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − 89 =