19 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Harga Cabai di Kota Jambi Menembus Harga Rp100 Ribu Per Kilogram

2 min read

Ilustrasi Cabai di Pasar/Foto: (CNBC Indonesia/Tris Susilo)

JAMBIDAILY EKONOMI – Sejak Awal November 2023 harga cabai di Pasar Induk Angso Duo dan Pasar Rakyat Talang Banjar Kota Jambi, mengalami kenaikan harga hingga mencapat Rp70 ribu per kilogram.

Jelang akhir November kondisi tersebut belum mengalami perubahan yang signifikan, bahkan sempat melonjak semakin tinggi, sudah seminggu lebih harga cabai mencapai Rp100 ribu per kilogramnya.

Dilansir jambiprima.com mediagroup jambidaily.com (Selasa, 28/11/2023) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jambi, Amran, mengungkapkan bahwa kebutuhan cabai di kota Jambi mencapai 6 ton per hari.

Dia menyebut, terjadi kenakan harga disebabkan oleh kurangnya pasokan cabai dari beberapa produsen, termasuk daerah Pulau Jawa, Bengkulu, Padang, dan Kerinci.

“Dalam beberapa pekan terakhir, pasokan cabai di bawah target 6 ton per hari, dan ini memicu hukum pasar di mana permintaan yang tinggi dan pasokan yang kurang memadai akan mengakibatkan kenaikan harga,” Jelasnya.

Harga Cabe ‘Semakin Pedas’ di Pasar Angso Duo dan Pasar Talang Banjar Kota Jambi

“Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah berencana mengambil langkah-langkah taktis, seperti menggelar operasi pasar, memantau stok di distributor, dan menyelenggarakan penjualan pangan murah,” Tambah Amran.

Sementara itu, dalam penjelasan Amran, untuk harga kebutuhan pokok lainnya masih berada pada harga yang normal.

Disisi lain, Ketua Komisi II DPRD Kota Jambi, Junedi Singarimbun berharap Pemerintah perlu memikirkan langkah panjang untuk mengatasi persoalan sembako di kota Jambi.

“Perlu upaya efektif untuk mengatasi akar permasalahan, yaitu kurangnya pasokan cabai di pasaran,” Ungkapnya(*/Edit: HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 + = 64