17 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dewan Kesenian Merangin Akan Hadiri Munas Dewan Kesenian Se-Indonesia di Jakarta

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Dewan Kesenian  Merangin  (DKM) mendapat undangan untuk mengikuti Munas Dewan Kesenian/kebudayaan di Jakarta pada 10-14 Desember 2023 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Kesenian Merangin  (DKM)  Asro Al Murthawy, Senin (4/12/2023).

Didampingi Bayu Kumara  (Ketua Harian Dewan Kesenian Merangin),  Asro Al Murthawy menyampaikan bahwa undangan untuk  mengikuti Munas Dewan Kesenian/Kebudayaan Indonesia 2023 itu didapatkan setelah pihaknya antusias mengikuti agenda  pra konggres sejak Selasa (28/11/2023).

Lalu yang dimulai dengan pertemuan daring Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan se-Sumatera.

Untuk diketahui, Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan bakal dilangsungkan di Jakarta pada 10-14 Desember 2023.

Kegiatan tersebut mengundang seluruh Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan di Indonesia baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Musyawarah itu merupakan tindak lanjut dari Kongres Kebudayaan Indonesia 2023. Pada maklumat yang dikeluarkan pada kongres di Jakarta baru-baru ini, disebut bila transformasi tata kelola Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan menjadi prioritas kelembagaan ntuk membangun pemajuan kebudayaan.

Pelaksanaan Musyawarah Nasional Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan 2023 diawali dengan proses pendataan. Dari situ, tercatat ada sekitar 200 Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan di negeri ini, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Kami berharap hasil Munas nantinya berupa SKB antara Mendagri dan Mendikbudristek dapat diimplementasikan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, setelah Munas Nantinya Pengurus Dewan Kesenian yang terhambat SK penetapannya dari pemerintah baik provinsi, kabupaten/kota dapat segera diterbitkan oleh pemerintah setempat berdasarkan SKB dua menteri nantinya.” kata Asro.

Sebelumnya telah dilakukan agenda Pra Musyawarah Nasional (Munas) Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan Indonesia 2023 yang  diawali pada Selasa (28/11) dengan pertemuan daring Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan di Sumatera, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Kemudian pada Rabu (29/11) digelar untuk wilayah Bali, NTT, dan NTB. Kamis (30/11) lalu kegiatan serupa kembali digelar untuk wilayah Jawa Barat dan Banten pada pagi hari, dilanjutkan untuk wilayah Kalimantan pada sorenya.

Jumat (1/12) sore ini, pertemuan Pra Munas Dewan Kesenian dan atau Dewan Kebudayaan Indonesia digelar untuk wilayah Jawa Timur.

“Kita telah mengikuti rangkaian Pra Munas dengan antusias, “timpal Bayu.

“Lebih dari 2,5 jam kita berbincang tentang permasalahan-permasalahan yang melingkup dewan kesenian selama ini. Jadi dalam Munas nanti kita tinggal bicara solusi, apa yang terbaik bagi eksistensi Dewan Kesenian dan perkembangan kesenian secara keseluruhan. Dan ini penting, karenanya DKM harus bisa hadir dalam munas kali ini. Dukungan dari berbagai pihak tentu kami harapkan demi pemajuan kebudayaan dan kesenian di Bumi Tali Undang Tambang Teliti ini,” pungkasnya (***)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 43 = 46