1 Maret 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Bacaan Doa Nabi Yunus untuk Hajat Agar Keinginan Dikabulkan Allah SWT

2 min read

Foto: freepik

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Setiap Muslim yang sedang memiliki hajat, maka dianjurkan untuk banyak berdoa kepada Allah SWT. Adapun salah satu bacaan doa yang bisa diamalkan agar hajat dikabulkan oleh Allah SWT yaitu doa Yunus. Untuk lebih jelasnya, berikut ini bacaan doa Nabi Yunus untuk hajat.

Diketahui, doa merupakan bentuk ikhtiar manusia, terlebih lagi jika sedang memiliki hajat. Anjuran membaca doa ini tertuang dalam Alquran surat Al Mukmin ayat 60 seperti berikut ini.

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS Al Mukmin: 60)

Maka jika kamu sedang memiliki hajat, berdoalah kepada Allah SWT. Ada beberapa bacaan doa mohon hajat dikabulkan yang bisa kamu panjatkan, satu di antaranya yaitu doa Nabi Yunus.  Adapun bunyi bacaan doa Nabi Yunus untuk hajat yakni sebagai berikut.

Bacaan Doa Nabi Yunus

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin

Artinya: “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Bacaa doa di atas dibaca oleh Nabi Yunus selama 40 hari tanpa henti ketika ditelan oleh ikan paus. Nabi Yunus berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT dengan penuh sungguh-sungguh sehingguh Allah SWT kabulkan doanya serta mengeluarkannya dari perut ikan paus.

Keutamaan Doa Nabi Yunus

Perlu diketahui juga bahwa doa Nabi Yunus ini memiliki berbagai keutamaan. Adapun salah satu keutamaannya yaitu jika membacanya sebanyak 40 kali tanpa putus usai sholat subuh, maka Allah SWT akan mengabulkan keinginannya sebagaimana dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini.

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: ‘Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, innii kuntu minadz dzaalimiin’. (Artinya: Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Imam Tirmidzi).

Selain keinginannya dikabulkan oleh Allah SWT, jika kamu membaca doa Nabi Yunus sebanyak 40 kali usah sholat Subuh, maka Allah SWT akan memberikan ampunan atas segala dosa-dosa yang telah kamu perbuat.

Demikian ulasan mengenai bacaan doa Nabi Yunus untuk hajat lengkap dengan artinya dan keutamannya. Semoga informasi ini bermanfaat! (*/suara.com)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 21 = 22