20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

3 Doa Selamat Perjalanan, Amalkan saat Pergi Liburan

2 min read

Ilustrasi. Doa selamat perjalanan agar mendapat perlindungan di perjalanan serta keselamatan diri sampai tempat tujuan. (iStock/dragana991)

JAMBIDAILY PENDIDIKAN – Memasuki musim liburan akhir tahun, Anda dan keluarga mungkin sudah merencanakan perjalanan ke berbagai destinasi.

Sebelum pergi ke tempat tujuan liburan, baik dekat maupun jauh, jangan lupa untuk membaca doa selamat perjalanan agar mendapat perlindungan dari Allah.

Dalam ajaran Islam, berdoa merupakan suatu bentuk permohonan kepada Allah untuk memperoleh kebaikan, termasuk perlindungan dan keselamatan.

Sebab kita sebagai manusia tidak akan pernah tahu hal-hal apa saja yang mungkin akan terjadi selama di perjalanan.

Oleh karena itu, sudah sewajibnya kita meminta perlindungan kepada Allah sebagai sebaik-baiknya Maha Pelindung bagi seluruh umat.

Selain itu, dengan membaca doa setiap sebelum bepergian dapat membuat hati tenang selama perjalanan.

Kumpulan Doa Selamat Perjalanan
Ke mana pun tujuan Anda pergi liburan, wajib mengawali dengan berdoa agar mendapat perlindungan di perjalanan serta selamat sampai tujuan. Berikut doa yang bisa dibaca, dikutip dari laman NU.

1. Doa ketika naik kendaraan
Apa pun jenis kendaraan yang digunakan saat liburan, alangkah lebih baik jika mengutamakan membaca doa naik kendaraan seperti berikut.

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillahilladzi/subhanalladzi sakhkhara lana hadza wa ma kunna lahu muqrinina, wa inna ila rabbina lamunqalibuna.

Artinya: “Segala puji bagi Allah/Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kita. Padahal kamu sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim.

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar, berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

2. Doa dalam perjalanan
Setelah membaca doa naik kendaraan, bisa melanjutkan dengan surat Al-Ikhlas yang dapat dibaca saat sedang dalam perjalanan.

(‎قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١) اللَّهُ الصَّمَدُ (٢) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (٣) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (٤

Qul huwallahu ahad. Allahus shamad. Lam yalid, wa lam yulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad.

Artinya: “Katakanlah, Dia Allah yang Esa. Dia tempat bergantung. Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan. Tiada satu pun yang menyamai-Nya.”

3. Doa ketika sampai tujuan
Apabila sudah sampai di tempat tujuan, jangan lupa tetap membaca doa sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah karena Anda dan keluarga bisa selamat dan lancar di perjalanan.

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya: “Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.”

Selain membaca doa selamat perjalanan, Anda juga bisa memperbanyak berselawat agar selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT. (*/CNNindonesia.com)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + = 13