20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Dihadapan Organisasi Pers di Jambi, Budi Setiawan Berharap Dana Pembinaan Atlet Didukung Perda

4 min read

Budi Setiawan Saat Sambutan/Foto: Hendry_JambidailyDOtcom

JAMBIDAILY OLAHRAGA – Perkuat sinergitas sebagai mitra, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinsi Jambi gelar silaturahmi bersama Organisasi pers yang bertajuk “Sinergitas Tanpa Batas Mewujudkan Olahraga Jambi Berprestasi” di ruang rapat Koni (Sabtu, 23/12/2023).

Budi Setiawan Selaku Ketua Koni Provinsi Jambi, menyampaikan apresiasinya terhadap pers dan merasakan pentingnya peran pers untuk perkembangan olahraga di Jambi.

“Kami berterima kasih kepada rekan-rekan pers yang turut memberikan kontribusi atas tumbuh kembangnya prestasi Olahraga. Kami merasakan efeknya baik itu para Atlet, pelatih, seluruh pihak yang terlibat dan Koni pada umumnya. Tentulah jalinan ini agar terus kita perkuat, untuk kemajuan Olahraga kita di Jambi,” Ujar Budi Setiawan.

Peran pers diharapkan mampu mendorong pemerintah daerah, instansi terkait maupun pihak-pihak lain untuk terus memberikan perhatian lebih bagi prestasi Olahraga di Jambi.

Selama memimpin Koni provinsi Jambi, Budi Setiawan mampu mengharumkan olahraga Jambi di nasional, Ini dibuktikan peringkat provinsi Jambi pada event PON XX/2021 Papua lalu di posisi 18. Naik 5 peringkat dari PON XIX/2016 Jawa Barat di posisi 23.

Prestasi itu diakui Budi Setiawan juga tak lepas dari dukungan pers di Jambi dalam informasi olahraga. Baik berita yang mendorong pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan olahraga, maupun berita motivasi lainnya.

Bukan hanya tingkat nasional, atlet Jambi pun mampu berprestasi di tingkat regional pada ajang SEA Games Kamboja lalu.

(Budi Setiawan Saat Sambutan/Foto: Hendry_JambidailyDOtcom)

“Sangat penting untuk informasi-informasi olahraga ke masyarakat Jambi. Tanpa teman-teman pers, informasi-informasi olahraga tidak akan sampai ke masyarakat Jambi terkait prestasi yang telah diraih sedikit meningkat. Contoh SEA Games Kamboja, kita dan Sumatera Selatan sama-sama mengirimkan tujuh atlet terbaik, Sumatera Utara juga tujuh hampir Sumatera itu tujuh. Tetapi, medali yang paling banyak itu Provinsi Jambi, 15 medali. Kita juga diapresiasi KONI Pusat, dimana penduduknya sedikit tetapi olahraganya yang cukup baiklah,” Urai Budi.

Perolehan Medali oleh Atlet Jambi ini merupakan kejutan walaupun anggaran sangat minim dibandingkan dengan anggaran Koni Propinsi lain di Indonesia.

Tetapi Budi Setiawan dalam kesempatan inipun tidak menampik bahwa prestasi tidak pula lepas dari dukungan anggaran pembinaan. Jika berkaca dari provinsi lain, anggaran pembinaan Olahraga didukung oleh peraturan daerah. Sehingga pergantian kepala daerah tidak berpengaruh bagi anggaran pembinaan.

“Contoh provinsi lain yang didukung lewat Peraturan Daerah. Dengan keberadaan Perda, maka dana pembinaan atlet yang bersumber dari APBD akan berkesinambungan. Tak peduli kepala daerah yang berganti, belum lagi dukungan dana CSR pihak swasta. Provinsi lain sudah ada Perda, ada peraturan bahwa olahraga berapa persen dari APBD mereka, sehingga siapapun Gubernur siapapun Wali kota mereka, anggarannya tetap ada,” Terang Budi Setiawan.

Pada kesempatan ini, juga diberikan ruang sesi tanya jawab yang dipandu staf humas KONI Jambi, banyak saran dan pertanyaan yang disampaikan para wartawan kepada Koni provinsi Jambi.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan yang sudah meninggalkan pekerjaan-pekerjaannya untuk hari ini, untuk hadir di KONI Jambi. Dan saya minta masukan saran-saran dari abang-abang semua agar Olahraga Provinsi Jambi lebih baik lagi dan berprestasi lagi menuju pon 2024,” Imbuh Budi Setiawan didampingi Sekum KONI provinsi Jambi Muntaz Mona.

(Foto bersama seusai Kegiatan/Foto: Dok. Humas Koni Jambi)

PON September 2024 di Sumut–Aceh, Koni Jambi kata Budi Setiawan sudah melakukan persiapan maksimum, kendala yang agak sulit dikendalikan dan kurang terpantau adalah ketika Atlet berada di tempat lain “Seperti Atlet Panahan atas nama Hanif yang saat ini berada di Libanon, Atlet Bilyar atas nama Rizky berada di Pulau Jawa,” Kata Budi Setiawan.

Diapun turut membeberkan bahwa Koni Jambi pada PON Sumut–Aceh September 2024 akan mengirimkan sekitar 200 orang lebih Atlet dari 32 Cabang Olahraga “Sebelum keberangkatan ke Sumut – Aceh, pihak KONI Jambi akan melakukan pelatihan Mental, Fisik, Psikologi dan persiapan Kesehatan,” tutup Budi Setiawan.

Tampak hadir Kabid Humas Provinsi Jambi, Maskun Sofwan dan segenap jajaran pengurus Koni provinsi Jambi, serta para Ketua maupun perwakilan unsur pengurus organisasi pers di Jambi yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Wartawan Online (IWO), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Serikat Perusahaan Pers Indonesia (SPSI), dan Asosiasi Media Sosial Indonesia (Amsindo). (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

38 − 35 =