8 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Terus Berkiprah untuk Jambi, Usman Ermulan Dikukuhkan Gelar Adat “Orang Kayo Mustiko Rajo Alam”

2 min read

Usman Ermulan Dikukuhkan Gelar Adat "Orang Kayo Mustiko Rajo Alam"

JAMBIDAILY PROFIL- Terus berkiprah dan memberikan kontribusi pemikiran untuk kemajuan Provinsi Jambi, itulah potret seorang tokoh Usman Ermulan.

Sebagai politisi capaian yang diterima Usman Ermulan terbilang sangat moncer, pernah menduduki Anggota DPR RI tiga periode dan menjabat Bupati Tanjungjabung Barat dua periode.

Usman Ermulan juga menaruh perhatian terhadap perkembangan civil society Jambi, Pers dan kebudayaan yang menjadi kebanggaan masyarakat Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Atas berbagai kiprahnya tersebut, Lembaga Adat Melayu Jambi (LAMJ) Provinsi Jambi mengukuhkan kembali gelar adat Usman Ermulansebagai “Orang Kayo Mustiko Rajo Alam”

Pengukuhan gelar adat sesepuh dan tuo tengganai Jambi ini berlangsung di Balairung Sari LAMJ Provinsi Jambi, Kota Jambi, Jumat malam, 29 Desember 2023.

Dikutip dari laman media partner jambidaily.com (aksipost.com), Gelar Usman ‘Orang Kayo Mustiko Rajo Alam’ itu dikukuhkan bersama dengan Majelis Pemusyarakatan Adat LAMJ Provinsi Jambi lainnya dan penganugerahan gelar adat ke para pengurus harian.

Ditandai dengan Pengalungan sebagai penghormatan dari Ketum LAMJ Provinsi Jambi Hasan Basri Agus (Temenggung Putro Jayodiningrat), Penyerahan Keris oleh Ketua Pembina LAMJ juga Gubernur Jambi Al Haris (Datuk Mangkubumi Setio Alam), yang dilanjutkan dengan pemberian piagam adat oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani (Paduko Agungmulyo Agamo).

Mantan anggota DPR RI tiga periode itu tampak dengan mengenakan pakaian adat khas Jambi.

Dalam sambutan Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, bahwa banyak sekali makna terkadung dalam gelar diberikan.

Juga sebagai bentuk menghargai dan menjunjung tinggi jasa-jasa dan pengabdian orang-orang yang telah memberikan sumbangsih baik berupa pikiran dan tenaganya untuk kemaslahatan masyarakat di daerah Jambi.

“Bagi diri kita dan anak-anak kita. Ini warisan yang kelak menjadi spirit bagi cucu kita. Juga sebagai bentuk penghargaan kepada tokoh-tokoh yang berjasa,” kata Al Haris. ***

(aksipost/Den)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

53 − 50 =