23 Februari 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

“Jum’at Berbagi di Kampung Melati”, Menjaga Tradisi Ala Mbak Fitri

2 min read
jumat berbagi

"Jum'at Berbagi di Kampung Melati", Menjaga Tradisi Ala Mbak Fitri/ft: ist

JAMBI PENDIDIKAN – Senyum bahagia disertai rasa syukur tergambar dari pancaran wajah lelah seorang parubaya ditengah beratnya memikul asongan, saat melintasi lapak “Jum’at berbagi Kampung Melati” dan menerima bungkusan makanan yang disediakan.

Itulah potret kecil dari kegiatan “Jum’at Berbagi Kampung Melati” ala Mbak Fitri dan temannya.

Setiap pagi Jumat menyediakan makanan baik berupa snack dan minuman maupun nasi bungkus untuk para sopir oplet, pedagang asongan, tukang sampah, penyapu jalan, tukang ojek, pegawai pegawai yg belum sempat sarapan.

“Kami menyiapkan lapak “Jum’at berbagai di Kampung Melati” tepatnya di Simpang Empat Jalan Raden Mattaher. Karena disana ramai warga yang melintas.  Sedekah ini untuk siapa saja yang melintasi jalan tersebut,”ujar Fitri Ulinda yang akrab disapa para koleganya dengan sapaan Mbak Fitri ini, kepada jambidaily.com, Jumat pagi 19 Januari 2024.

“Insya’allah setiap pagi Juma’at setiap pukul 07.30 WIB lapak berbagi ini kami buka hingga persediaan makanan yang disiapkan habis terbagi,”tambah pimpinan Media Jambi ini.

Menurutnya, kegiatan sosial “Jum’at Berbagai Kampung Melati” ini diinisiasi dirinya dan Desty yang merupakan tetangga dekatnya, pada 23 September 2022.

“Alhamdulillah hingga hari ini memasuki tahun kedua masih terus berjalan.”

Sebelumnya, dalam keluarga besar mbak fitri ada tradisi Jumat berbagi dengan menyiapkan makan siang bersama setiap usai Sholat Jumat bersama teman-temannya.

“Ya saya merasa terpanggil saja. Dan tradisi berbagi ini juga warisan dari kedua orang tua dulu,”tutur Ketua Perwosi Jambi ini.

Diawal kegiatan, selama satu bulan, dirinya bersama Desy urunan untuk menyiapkan kue dan nasi untuk kegiatan Jum’at Berbagi ini.

Namun seiring waktu, dengan tagline “Siapa saja boleh ambil, siapa saja boleh bersedekah”, banyak warga Melati lainnya dan koleganya terketuk hati untuk berdonasi.

“Alhamdulillah sekarang sudah banyak donatur yang membantu mengantarkan makanan langsung ke lokasi,”pungkas Mbak Fitri.

Sekedar informasi, Kawasan Melati Kelurahan Rajawali Kota Jambi merupakan wilayah tertua dan terkenal kawasan legend di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah ini.

Kampung melati yang  berada di belakang Rumah Dinas Gubernur Jambi ini banyak melahirkan tokoh-tokoh sukses baik lokal maupun nasional yang tersebar di nusantara.

Setidaknya ada beberapa nama tokoh sukses yang dibesarkan di Kampung Melati ini, sebut saja Mantan Pangdam Jaya Mayjen TNI Tedy Laksamana, Edy Putra yang menjabat Deputi Menteri Perekonomian, dan mantan Sekjen Kemenkumham RI Bari AZ.

Dan dari Kampung Melati Nan Asri ini juga melahirkan cikal bakal terbentuknya band di Kota Jambi.***

 

Sumber/Hery Rawas

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 3 =