8 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Damkartan Kota Jambi Tangani Dua Peristiwa Satu Malam, Mobil Terbakar dan Satu Warga Menjadi Korban Ledakan Gas

2 min read

JAMBIDAILY PERISTIWA – Dinas Pemadam kebakaran dan penyelamatan (Damkartan) kota Jambi menangani dua peristiwa berbeda di lokasi yang berdekatan dalam satu malam, Selasa (30/01/2024) malam.

Awalnya damkartan kota Jambi mendapat laporan adanya 1 unit mobil terbakar Jalan Matahari Lrg. Remaja RT. 07 Kelurahan Selamat Kecamatan Danau Sipin, kota Jambi.

Damkartan kota Jambi tiba di lokasi sekira pukul 21.32 wib, menurunkan armada dan personel. Dilakukan penyiraman pada Mobil terbakar menggunakan 2.000 Liter air.

Dari data sementara yang disampaikan pihak Damkartan kota Jambi, diduga berasal dari Konsleting Aki saat pemilik sedang mencuci mobil.

Namun saat proses pendinginan mobil yang terbakar, tidak jauh dari lokasi yang sama terjadi ledakan dari pangkalan gas.

Kondisi tersebut sangat berbahaya karena banyaknya tabung Gas 12Kg dan 3kg yang masih berisi gas dan dapat beresiko bagi petugas pemadam dan warga sekitar.

“Kami mendapat dua laporan dari warga masyarakat Lrg. Remaja RT. 07 Kel. Selamat Kec. Danau Sipin, kota Jambi. yang pertama adanya mobil terbakar, lalu saat pendinginan masih di lokasi yang sama adanya ledakan tabung gas di pangkalan gas,” Terang Mustari Affandi, Kadis Damkartan Kota Jambi

“Pangkalan gas tersebut terdapat tabung gas 4kg dan 12kg dengan jumlah sekitar 80 tabung dan kondisi memiliki isi,” Tambahnya.

Maka Damkartan kota Jambi, seusai pemadaman segera mengidentifikasi tabung gas yang bocor dan ditemukan 1 buah tabung gas berisi 3kg yang bocor, lalu mengamankan tabung gas yang bocor dengan membalikkan tabung ke dalam ember berisi air dan didapati munculnya gelembung pada air di dalam ember

“Dilakukan penyemprotan pada Tumpukan Tabung Gas untuk menghindari penyebaran Gas di area TKP dan Berkoordinasi dengan Kapolsek Telanaipura untuk dilakukan Pengamanan dengan pemasangan garis polisi di TKP,” Tutur Mustari Affandi.

(Mustari Affandi, Kadis Damkartan Kota Jambi)

Untuk penyebab, ungkap Mustari masih dalam Indentifikasi dan penyelidikan oleh Polsek Telanaipura dan 1 orang anak pemilik pangkalan gas berusia 20 tahun mengalami cidera

“Saat terjadi ledakan gas sedang berada dibawah anak tangga dan terpental, satu korban di bawa ke rumah sakit karena mengalami luka-luka,” Ungkap Mustari Affandi.

Selain itu, akibat dari ledakan gas jebolnya dinding tembok dan pintu ruang penyimpanan tabung gas; jebolnya dinding ruang depan rumah dengan kerugian ditaksir mencapai 50 juta rupiah. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

31 − = 21