5 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Asro Almurthawy Seniman Yang ‘Ngayomi Lan Ngancani’

3 min read

JAMBIDAILY PROFIL & TOKOH – Bagi kalangan seniman nasional nama asro Almurthawy, bukanlah sosok baru di dunia kepenulisan dan kepenyairan, sosoknya yang sangat humble dan sudah menulis puluhan judul buku baik buku dongeng, cerpen dan juga antologi puisi.

Kiprahnya di dunia menulis, membuat banyak karyanya di akui baik level Asean dan juga asia tenggara, tentu bukanlah hal yang mudah untuk mencapai pengakuan itu.

Sosok yang ramah dan di kenal sebagai tokoh seni yang sangat di segani ini, Lahir dari keluarga petani sederhana dan tinggal di talang kawo kecamatan Bangko kabupaten Merangin, Selain bekerja sebagai ASN di kantor BPS kabupaten Merangin, Asro di kenal memilikki jaringan yang sangat luas, Baik di kalangan pejabat pemerintahan maupun di tengah tengah masyarakat eks transmigrasi.

“Hidup ini harus menghasilkan karya yang bisa kita tinggalkan sebagai catatan sejarah,” ungkap Asro,(13/2).

Menurutnya apapun apresiasi dan pengakuan dari semua kalangan, merupakan imbal balik dari apa yang sudah dihasilkan lewat karyanya.

“Alhamdulillah, dengan karya tulis yang saya hasilkan mendapatkan pengakuan baik nasional dan internasional, semua ini merupakan penyemangat untuk saya pribadi agar terus menghasilkan karya yang sempurna,” ucapnya lagi.

Karya tulis dan buku yang di ciptakan, lebih banyak bercerita sosial dan budaya lokal, Bahkan buku dongengnya sudah jadi bahan ajar untuk bacaan SD dan MI.

“Tema yang saya tulis, lebih banyak tema sosial dan budaya lokal, Tujuannya adalah agar generasi kita bisa membaca bahwa mereka harus bangga dengan daerahnya sendiri,” Ujarnya.

Sementara itu, Bagi Lilik Gunawan tokoh muda Merangin yang pernah menggemparkan dengan melakukan perjalanan spiritualnya ke Mekah dengan mengendarai sepeda motornya, mengatakan bahwa kabupaten Merangin harus bangga memiliki seniman besar seperti sosok Asro Almurthawy.

“Kabupaten Merangin harus bangga punya seniman yang sudah mendunia, Dan saya semenjak masih sekolah sudah membaca karya kang Asro, dan banyak karyanya menjadi referensi untuk lomba baik tingkat propinsi dan tingkat nasional,” ungkap Lilik.

Dan baginya, Asro Almurthawy merupakan seniman yang sangat ‘Ngayomi Lan Ngancani’ untuk seniman di daerah.

“Dia itu orang yang tidak jumawa dengan semua embel embel seniman dunia, Tapi saya mengenal sosok yang memiliki jiwa yang Ngayomi lan Ngancani,” ujar Lilik.

Hal senada di ungkapkan Aan salah satu guru seni di SMAN 12 Merangin, mengatakan bahwa sosok Asro Almurthawy orang yang tidak pelit ilmu.

“Orang yang tidak pelit jika ilmunya di minta, Sudah banyak karya puisinya yang kami bawakan untuk lomba musikalisasi puisi, Semoga terus berkarya dan membumi seperti syair syair yang di tulisnya,” ucap Aan.

Profil Singkat
Asro al Murthawy, lahir di Temanggung 6 November. Ketua Umum Dewan Kesenian Merangin Jambi. Puisi-puisinya terkumpul di beberapa antologi tunggal: Sketsa (Sanggar Tapa, Jambi, 1990); Pasang-pasang (Sanggar Tapa, Jambi, 1991); Lagu Bocah Kubu(Imaji, tanpa tahun); Obsesi Gobang (Imaji,2001); dan Equalibrium Retak( Imaji, 2007) serta antologi bersama: Percik Pesona 2 (TBJ 1994), Kelopak (TBJ 1997), Nuansa Tata Warna Batin (Yayasan Dewi Saraswati, Mataram 2002), Nubuwah Kelahiran (Imaji 2003), Tembang Padang Merangin (DKM 2004) Tanah Pilih (Temu Sastrawan Indonesia I, 2008), Batu Pelangi (Jambi Heritage & THE SOMT, 2012), Menguak Senyap (Imaji ,2012), Jejak Peradaban Suku Anak Dalam (KOPSAD Center, 2012).

Senandung Alam (leutika Pro, 2012) Requem bagi Rocker (Taman Budaya Jawa Tengah, 2012), Sauk Seloka (PPN VI Jambi, 2013) Indonesia Di Titik 13 (Aswaja,2013) Negeri Sembilan Matahari (Sastra Welang Publishing Bali 2014) dan Jaket Kuning Soekirnanto (KSI, 2014) Satu dari belasan cerpennya termuat dalam Dari Kedondong Sampai Tauh (DKJ,1998),dan Risalah Para Pembual (Imaji 2012) Suara Karya, Merdeka Minggu, Swadesi, Simponi dan Majalah Sastra Horison. Kini tinggal di Jl Talangkawo RT 28/RW 09 Kelurahan Dusun Bangko Kabupaten Merangin-Jambi 37315, (depan STKIP YPM Bangko) mengasuh Sanggar Sastra IMAJI. Hp: 081274837162 Email: asro.pamenang@yahoo.com (*/Bule/Edit:HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

34 − = 24