17 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SKK Migas-PetroChina Serahkan Bantuan Penanggulangan Banjir di Batang Asam

5 min read

JAMBIDAILY BATANG ASAM – SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd serahkan bantuan penanggulangan bencana banjir kepada pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk warga terdampak banjir yang terjadi beberapa desa dan kelurahan di kantor Kecamatan Batang Asam (Senin, 12/02/2024).

Dalam sambutannya Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd menerangkan bahwa kondisi cuaca dan curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan banjir di banyak tempat, salah satunya seperti yang terjadi di Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

“Belakangan ini kita sama-sama mengalami kondisi cuaca dan curah hujan yang sangat tinggi. Sejak awal Januari yang latu hingga saat ini curah hujan di provinsi Jambi mulai dari Hulu hingga Hilir sangat tinggi. Ini merupakan peristiwa alam dan qodarullah sedang kita jalani dan berdampak pada meningkatnya ketinggian air sungai sehinga menyebabkan banjir di banvak tempat Salah satunya di Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” Urainya.

“Tentunya yang kita alami Sudah merupakan qodarullah mesti kita jalani. Namun ini juga menjadi suatu hal untuk kita kembali sama-sama introspeksi diri. Dalam forum yang berbeda beberapa waktu yang lalu, kami pernah berbincang dengan BMKG bahwa situasi puncak curah hujan yang tinggi di tahun ini terjadi dari pertengahan Januari hingga Februari. Alhamdulillah fase tersebut sudah kita jalani dan kita lewati,” Jelasnya menambahkan.

(Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd)

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya mendengar musibah banjir di kecamatan Batang Asam, saat ini kami menyaksikan langsung dan alhamdulillah banjir sudah terlihat surut dan aktivitas masyarakat dapat berjalan seperti biasanya.

“kami sebelumnya mendengar, dan pada hari ini menyaksikan langsung bencana banjir di kecamatan Batang Asam sudah terlihat surut dan aktivitas masyarakat dapat dijalani seperti biasa dan berjalan normal kembali. Namun tentunya sebagai bagian dari kepedulian kami terhadap saudara-saudara kami yang ada di Tanjung Jabung Barat, atas koordinasi melalui pemerintah kabupaten Tanjung Jabung Barat, pada hari ini kami hadir dan menyampaikan langsung bantuan sebanyak 229 paket yang berisikan kebutuhan pokok beras, gula, minyak sayur, sarden, dan mie instan untuk keluarga yang terdampak banjir di Kecamatan Batang Asam,” Beber Rudy Hermawan.

“Bantuan yang kami serahkan pada hari ini tentunya tidak dapat menggantikan kesulitan dan kesusahan yang dialami selama banjir, namun kami berharap dengan kerendahan hati bantuan ini dapat diterima untuk mengurangi dan meringankan beban masyarakat yang terdampak musibah banjir,” Harapnya.

Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd juga menyebut bantuan yang disalurkan ini adalah salah satu bentuk kepedulian dari PetroChina International Jabung Ltd kepada masyarakat yang sama sama bernaung ditempat yang sama yakni berada di Tanjung Jabung Barat.

“Sama dengan Bapak Bupati, ya menyerahkan bantuan seperti yang sudah beliau sampaikan adalah sebagai wujud kepedulian dari perusahaan yang kita bernaung di satu tempat yang sama Tanjung Jabung Barat. ya kita diharuskan untuk mempunyai kepedulian apalagi terhadap masyarakat yang sedang tertimpa musibah di Batang Asam karena banjir,” Kata Rudy Hermawan.

Nilai bantuan yang disalurkan mungkin tidak seberapa tetapi dirinya berharap semoga melalui kegiatan ini PetroChina bisa ikut berpartisipasi membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir.

“Ya Jadi mungkin seperti yang disampaikan bapak Bupati tadi, nilainya mungkin tidak seberapa tetapi kami berharap bisa ikut berpartisipasi membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak. Saya pikir minimal bisa untuk membantu ketahanan pangan,” Jelas Rudi Hermawan.

“Ya karena memang di tengah kesulitan transportasi mungkin karena banjir dan sebagainya, sulit menjangkau lokasi tempat belanja dan sebagainya. Bantuan sedikit yang kami berikan mudah mudahan atau minimal bisa membantu Untuk meringankan,” Tambah Rudi Hermawan.

Selain itu dalam kata sambutannya, Rudy Hermawan mengatakan bantuan penanggulangan banjir turut diberikan PetroChina International Jabung Ltd kepada Pemerintah provinsi Jambi melalui Dinas Sosial. Lalu untuk bencana banjir di Kabupaten Sarolangun melalui pemerintah kabupaten Sarolangun, dan untuk kecamatan Berbak dan Rantau Rasau melalui pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

229 Paket bantuan penanggulangan bencana banjir kepada masyarakat Desa Tanjung Bojo, Kelurahan Dusun Kebun, Desa Sungai Badar, dan Desa Suban yang terdampak di Kecamatan Batang Asam diserahkan PetroChina International Jabung Ltd yang diterima langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag.

Sebelumnya, Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat, dalam sambutannya menyampaikan bersyukur bisa memberikan bantuan berupa paket bahan pokok bersama PetroChina International Jabung Ltd.

“Hadir di Kecamatan Batang asam dalam rangka berbelasungkawa ya atas musibah yang kemarin sebagian masyarakat kita yang kurang lebih 292 KK terkena banjir hari ini Alhamdulillah kami bersama PetroChina memberikan bantuan berupa paket bahan pokok,” Ungkap Bupati.

Pada Kesempatan ini, dia menuturkan bahwa bantuan yang disalurkan dapat membantu memenuhi kebutuhan dan memberikan dukungan untuk ketahanan pangan akibat dari bencana banjir, walaupun tidak secara keseluruhan namun inilah bentuk respon dan tali asih.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat memberikan dukungan dalam rangka ketahanan pangan sehingga mereka juga tidak terlalu terbebankan oleh banjir yang menimpa masyarakat kita, yang ada di Kecamatan Batang asam,” Tutur Bupati Tanjung Jabung Barat.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan ialah Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Saipul, Government and Relation Superintendent, M.Yuda Ramdani Comdev Staff, Bupati Tanjab Barat, para asisten, kepala Dinas Sosial dan para OPD lingkup pemkab Tanjab Barat, Plh Sekda Tanjab Barat, Camat Batang Asam, serta warga penerima bantuan. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 4