22 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Terus Percepat Penurunan Stunting di Betara, SKK Migas-PetroChina Serahkan Bantuan Susu Berkalori Tinggi

3 min read

JAMBIDAILY BETARA – Percepat penurunan stunting di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), SKK-Migas-PetroChina International Jabung Ltd kembali serahkan bantuan susu berkalori tinggi di Posyandu Cempaka Desa Terjun Gajah Kecamatan Betara Kabupaten Tanjab Barat, Kamis (15/2/2024).

Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, membeberkan bahwa penyerahan bantuan pangan diet khusus Peningkatan kesehatan masyarakat di sekitar wilayah operasi merupakan salah satu komitmen yang terus diupayakan SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd.

“Salah satu program yang dilakukan untuk peningkatan kesehatan masyarakat adalah melalui kegiatan-kegiatan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting,” Ujarnya.

Pada kesempatan ini, dia mengatakan pihaknya menyadari apabila stunting tidak dicegah dan ditanggulangi dengan cepat dan tepat maka akan dapat menimbulkan dampak negatif mulai dari kekurangan gizi, fisik yang lemah dan penyakitan, angka kematian yang tinggi, tumbuh kembang balita dan anak terhambat dan lain sebagainya.

“Melalui Program Pengembangan Masyarakat, PetroChina bersinergi dan berkolaborasi bersama Dinas Kesehatan untuk menurunkan prevensi stunting dan mencegah stunting khususnya untuk warga masyarakat di sekitar wilayah operasi PetroChina,” Tuturnya

PetroChina sudah melakukan ini dalam beberapa tahun terakhir mulai dari pelatihan kader posyandu, penyediaan fasilitas antropometri kit untuk pemantauan tumbuh kembang bayi, pemberian vitamin untuk ibu hamil, hingga intervensi langsung melalui penyediaan pangan untuk keperluan medis khusus.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini adalah rangkaian dari kegiatan-kegiatan sebelumnya yang merupakan upaya-upaya yang terus dijalankan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting,” Imbuh Rudy Hermawan.

Selain kegiatan posyandu rutin yang merupakan program dari Dinas Kesehatan, pihaknya juga akan menyampaikan bantuan PKMK atau penyediaan pangan untuk keperluan medis khusus dalam bentuk susu berkalori tinggi untuk balita stunting.

Pemberian susu ini merupakan rangkaian dari tahapan bantuan yang sudah dilaksanakan sebelumnya dimana secara total dalam program ini PetroChina telah menyiapkan 1500 kotak susu berkalori tinggi.

“1.500 kotak yang terdiri dari 600 kotak susu berkalori tinggi untuk bayi stunting usia 6-12 bulan dan 900 kotak susu berkalori tinggi untuk balita stunting usia 12-59 bulan yang disampaikan secara berkala sesuai dengan kebutuhan pengentasan stunting di Tanjung Jabung Barat. Melalui program ini kita sudah mulai menuai hasilnya bersama dimana Tanjung Jabung Barat sudah berhasil menekan prevelensi stunting menjadi yang terbaik ke 2 di Indonesia,” paparnya.

Hal ini masih dapat ditingkatkan kata Rudy Hermawan, dan terus dijaga agar Kesehatan masyarakat semakin membaik dan kesejahteraan masyakat dapat tercapai.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, Camat Betara, Puskesmas Sukorejo, Kepala Desa Terjun Gajah, Para Kader,” ucapnya

Rudy Hermawan mengucapkan terima kasih kepada posyandu, Ibu-Ibu dan semuanya yang telah berpartisipasi aktif untuk bersama-sama mensukseskan program ini. Pihaknya menyadari bahwa masih terdapat kekurangan-kekurangan dan ada hal-hal yang belum sempurna yang mudah-mudahan dapat kita tingkatkan untuk selanjutnya.

“Terima kasih atas waktu yang diberikan, saya mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan dalam memberikan masukan kepada saya pada hari ini.” Tandasnya.

Hadir dalam acara, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd Rudy Hermawan, Government and Relation Superintendent PetroChina Lasno, Comdev Staff M. Yuda Ramdani, Dinas Kesehatan Tanjab Barat, Kepala Puskesmas Sukorejo, Sekcam, Kepala Desa Terjun Gajah, Kader posyandu serta ibu ibu dan balita penerima bantuan.

Sedangkan Kepala Puskesmas Sukorejo, Sumaini menyebut untuk di kecamatan Betara saat ini menerima 300 lebih susu formula untuk penanganan stunting dan pangan. Ia menyebutkan se Kecamatan Betara terdapat 58 anak terkena stunting.

“Saya sangat berterima kasih dengan PetroChina, atas dukungan dan bantuan penanganan stunting ini,” katanya.

Sumaini berharap program pangan ini terus berlanjut sehingga bisa membantu pengentasan stunting untuk di Tanjabbar terkhusus di Betara “Kami sangat terbantu dengan adanya bantuan dari PetroChina dan kita harapkan ini dapat terus berjalan.” Tutupnya. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

84 − 76 =