19 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Olenda Amelia Raih Singgasana Festival Tari Tunggal Sanggar Seni Rasi, Berikut Para Nominasinya

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Selain sukses menggelar pertunjukan tari berjudul NUJUH, rangkaian Acara ini merupakan puncak dari program “kado untuk sanggar” 1 Dekade Galeri Indonesia Kaya, yang dikemas oleh Sanggar Seni Rasi.

Sanggar seni rasi merupakan salah satu dari 10 kelompok seni terpilih dalam program kegiatan galeri indonesia kaya. Dalam kegiatannya, rasi mengadakan beberapa rangkaian mulai dari workshop tari, gelar tari narasumber, festival tari tunggal, dan gelar tari “Nujuh”.

Kamis (29/02/2024) merupakan puncak dari seluruh rangkaian acara, yang juga turut didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Jambi melalui UPTD Taman Budaya Jambi. Dilaksanakan di gedung teater arena taman budaya Jambi. Suasana baru di dunia seni pertunjukan coba dihadirkan oleh rasi dalam balutan konsep “Awarding”

“Kami mengadakan kegiatan ini, mempunyai tujuan untuk berbagi kebahagiaan kepada teman-teman pegiat seni di Jambi. Agar kita bisa berkarya bersama bahkan berkolaborasi membentuk ekosistem seni di Jambi yang terus berkembang baik,” Ungkap Medi Saputra.

Bersumber Dari Upacara Adat Jambi ‘Menuak’ Sanggar Seni Rasi Sukses Persembahkan Gelar Tari “NUJUH”

Acara dimulai dengan pementasan karya tari berjudul nujuh yang berangkat dari upacara tradisi menuak. Digarap oleh koreografer muda bernama Lucky Ilva Jazanurya.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang festival tari tunggal, Olenda Amelia dari kabupaten kerinci berhasil menjadi yang terbaik dalam festival itu.

Daftar pemenang festival tari tunggal sanggar seni rasi 2024
1. Olenda Amelia – judul karya “Senjang” | Kab. Kerinci
2. Sitti Arafah – judul karya “Kala Kulo” | Sendratasik UNJA
3. Tiara – judul karya “Begaut” | SMA N 8 Muaro Jambi
4. Wise Azizah – judul karya “Tubef” | Cewa Art – Tanjabtim
5. Farida Mangile – judul karya “Tari Seribu Tangan” | Kampung Laut, Tanjabtim
6. Amarullah Sani – judul karya “Notasi, Tubuh Sialang” | Sendratasik UNJA
7. M. Ridho Pratama – judul karya “Lengkat-Lengket” | Olak Kemang, Seberang Kota Jambi

“Selamat kepada para pemenang, inilah cara kami berbagi kebahagiaan. Semoga kita terus dapat berkolaborasi, berkarya tiada henti, memajukan dan mengenalkan negeri tercinta, Jambi,” Tutup Medi Saputra (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 3 = 1