17 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SKK Migas – PetroChina Perkenalkan SDA Minyak dan Gas Kepada Siswa SMPN 12 Tanjabtim

4 min read

JAMBIDAILY MUARASABAK – SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd menggelar sosialisasi terkait Sumber Daya Alam (SDA) minyak dan gas kepada siswa SMP Negeri 12 Kota Baru Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kamis (29/2) pagi.

Kegiatan sosialisasi yang digelar di gedung SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur ini merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka dalam rangka memperkenalkan Sumber Daya Alam Minyak dan Gas yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Pada kesempatan itu, tampak hadir Kanuga Winarga Drilling Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, Fahmi Fabian Geophysical Superintendent PetroChina, Ahmad Ramadlan Comdev Supervisor PetroChina, Mulyono Eko dan Resmanudin Staff Comdev PetroChina.

Hadir juga pada kesempatan tersebut, Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Joko Purnomo S.E, Koordinator Wilayah Pendidikan Geragai, Feri, Kepala SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur, M. Nur S.Ag, Kepala Sekolah SMPN 21 Hendri Darmanto S.Hi, serta beberapa kepala sekolah dan perwakilan guru SMP dikabupaten Tanjab Timur dan para undangan lainnya yang hadir.

Driling Superintendent PetroChina International Jabung Ltd, Kanuga Winarga saat diwawancarai mengatakan, bahwa SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd akan terus mengembangkan area pengecekan minyak dan gas di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang disebut dengan Project Seismik. Sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat, pihaknya berusaha memberikan informasi dan edukasi kepada siswa siswi SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur.

“Kita bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk Sharing Knowledge atau berbagi pengetahuan tentang apa itu seismic dan kegiatanlainnya yang berkaitan dengan Migas, Seismik merupakansalah satu projek besar yang sedang kami kerjakan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kebetulan Basecamp Project Seismik yang berada di Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai ini berada dekat dengan SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur,” katanya.

Menurutnya, mungkin para siswa siswi SMP Negeri 12 Tanjung Jabung Timur ini sering melihat Basecamp Project Seismik ini dan tidak tahu apa yang sedang dilakukan oleh SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd selama ini. Maka dari itu, sosialisasi ini dilaksanakan untuk memberikan informasi, penjelasan dan edukasi kepada para siswa.

“Dan nantinya mereka ini lah yang akan menjadi agen untuk bisa memberikan informasi kepada orang tuanya masing-masing, agar kegiatan yang dilakukan pada Project Seismik ini bisa tersebar dengan baik,” jelasnya.

Dari kaca mata yang dilihatnya selama Project Seismik ini berjalan, respon dari masyarakat sekitar Alhamdulillah cukup baik. Bahkan tim dari projek ini sendiri 20 persennya adalah pekerja lokal, jadi mereka sangat interest sekali dengan projek ini. Sedangkan di projek-projek yang lain, salah satunya Rig dan Drilling lebih dari 50 persen memakai tenaga kerja lokal.

“Hal itu menunjukan bahwa minat masyarakat di sekitar terhadap projek-projek yang ada cukup tinggi,” terangnya.

Sementara, Comdev Supervisor, Ahmad Ramadlan memaparkan, bahwa Project Seismik ini dilaksanakan serentak di Lima kecamatan yang berada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, seperti Kecamatan Geragai, Muara Sabak Timur, Muara Sabak Barat, Dendang dan Kuala Jambi.

“Tujuannya untuk mencari data mengenai potensi alam. Untuk itu dengan adanya sosialisasi ini diharapkan masyarakat mengetahui kegiatan apa yang telah dilakukan oleh SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd ini,” harapnya.

Project Seismik yang dilakukan di Lima kecamatan ini ialah untuk melengkapi data. Karena SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd sudah melakukan pengeboran minyak dan sudah mendapatkan hasil, akan tetapi untuk proses pengembangannya perlu dilakukan study, yaitu kegiatan Project Seismik ini.

“Ya, untuk pekerja kita juga ada melibatkan masyarakat lokal, namun sepanjang mereka memenuhi persyaratan untuk mengikuti kegiatan seismik,” tukasnya.

Joko Purnomo S.E, selaku Kabid Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjab Timur yang turut hadir dalam kegiatan ini saat diwawancarai menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah-langkah inspiratif seperti ini yang telah dilakukan oleh pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd.

Dimana, kegiatan ini sangat diperlukan sebagai Implementasi kurikulum Merdeka, guna menggali kearifan lokal, terutama yang berkaitan dengan sumber daya alam yang tersedia di Kabupaten Tanjab Timur.

Sementara itu, M. Nur S.Ag, selaku Kepala Sekolah SMPN 12 Geragai ketika diwawancarai berharap, dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd ini, para siswa bisa mengetahui terkait apa saja sumber daya alam yang ada di lingkup sekolahnya maupun yang ada di Kabupaten Tanjab Timur ini sendiri.

“Kabupaten kita ini sangat kaya sekali akan sumber daya alamnya. Jadi dari kegiatan ini para siswa juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Sehingga mereka kelak bisa mengelola sumber daya yang ada di wilayah mereka,” Tutupnya. (*/Hendry Rosta)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

38 − 30 =