19 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Jambi, Siapkan Uang 2,2 Triliun Rupiah Untuk Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri

2 min read

JAMBIDAILY EKONOMI – Sebagai wujud komitmen Bank Indonesia untuk memenuhi ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi mempersiapkan uang layak edar (ULE) sebesar Rp2,20 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang Rupiah pada momen Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024.

Jumlah ULE yang disediakan ini meninqkat 9% dibandingkan realisasi momen RAFI tahun 2023 yang tercatat sebesar Rp2,03 triliun. Antisipasi kenaikan jumlah ULE yang disiapkan mempertimbangkan peningkatan mobilitas masyarakat selama periode RAFI dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat.

Seluruh rangkaian kegiatan penukaran uang pada momen Ramadhan dan Idul Fitri dikemas dalam kegiatan Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024 yang bertema “Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah” Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk meningkatkan kualitas program SERAMBI setiap tahunnya.

Pada tahun ini penguatan program diantaranya penambahan jumlah paket penukaran menjadi maksimal Rp4 juta, modernisasi armada kas keliling, penambahan fitur pada digitalisasi penukaran melalui QR code pada Aplikasi PINTAR untuk semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan penukaran.

Saat meluncurkan Kick Off program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024 (Selasa,19/03/2024) Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Warsono (Selasa,19/03/2024) menyampaikan ke depan tema besar Pengelolaan Uanq Rupiah adalah perluasan, pengembangan, serta peningkatan kerja sama

“Kerja sama antara BI, perbankan, PJPUR (Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah), maupun pihak ketiga lainnya guna memastikan ketersediaan uang Rupiah di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” Ungkap Warsono. (*/HN)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

35 − 26 =