18 April 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Penyair dan Sastrawan D.Zawawi Imron: Puisi Pulo Lasman Simanjuntak dengan Imaji dan Kelebat yang Liar, Perlu Dikaji dan Diteliti

2 min read

JAMBIDAILY SENI, Budaya – Puisi karya Penyair Pulo Lasman Simanjuntak dengan imaji-imaji dan kelebat yang liar ini perlu kita kaji dan teliti bersama.

Demikian pendapat Penyair dan Sastrawan D.Zawawi Imron yang ditulisnya dalam WhatsApp Group Komunitas Sastra Semesta (SS) di Jakarta, Minggu (24/3/2024).

“Puisi Pulo Lasman Simanjuntak yang kental bernada surrealis ini bisa (mungkin) menjadi penyegar,” Ucapnya.

“Eksprimen-eksprimen kreatif perlu dilakukan, karena zaman makin melaju ke masa depan,” pungkasnya.

Penyair dan Sastrawan D.Zawawi Imron, kelahiran 1 Januari 1945, mulai terkenal dalam percaturan sastra Indonesia sejak TEMU PENYAIR 10 KOTA di Taman Ismail Marzuki tahun 1982.

Bakat kepenyairannya ditemukan oleh Subagio Sastrowardojo, dan sejak tamat Sekolah Rakyat (SR) dia melanjutkan pendidikannya di Pesantren Lambicabbi Gapura Sumenep.

Enam Puisi Pilihan Terbaik, Karya: Pulo Lasman Simanjuntak

Pulo Lasman Simanjuntak, dilahirkan di Surabaya 20 Juni 1961. Menulis puisi pertama kali berjudul IBUNDA dimuat di Harian Umum KOMPAS pada bln Juli 1977. Setelah itu karya puisinya sejak tahun 1980 sampai tahun 2024 telah dimuat di 23 media cetak (koran, suratkabar mingguan, dan majalah) serta tayang (dipublish) di 168 media online/website dan majalah digital baik di Indonesia maupun di Malaysia.

Karya puisinya juga telah dipublikasikan ke negara Singapura, Brunei Darussalam, Republik Demokratik Timor Leste, Bangladesh, dan India.

Karya puisinya juga telah diterbitkan dalam 7 buku antologi puisi tunggal, dan saat ini tengah persiapan untuk penerbitan buku antologi puisi tunggal ke-8 diberi judul MEDITASI BATU.Selain itu juga puisinya terhimpun dalam 27 buku antologi puisi bersama para penyair seluruh Indonesia.

Saat ini sebagai Ketua Komunitas Sastra Pamulang (KSP), anggota Sastra ASEAN, Dapur Sastra Jakarta (DSJ) Bengkel Deklamasi Jakarta (BDJ) Sastra Nusa Widhita (SNW) ,Pemuisi Nasional Malaysia, Sastra Sahabat Kita (Sabah, Malaysia), Komunitas Dari Negeri Poci (KDNP), Taman Inspirasi Sastra Indonesia (TISI), Kampung Seni Jakarta (KSJ), Lumbung Puisi Sastrawan Indonesia, Sastra Reboan, Forbes TIM, dan Sastra Semesta.

Sering diundang baca puisi, khususnya di PDS.HB.Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta.
Bekerja sebagai wartawan bermukim di Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 3 =