20 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Rumah Sakit Siloam Jambi Bisa Layani Anda Penderita Wasir, Dari Pola Pengobatan Konvensional Hingga Canggih

2 min read

Dr. Benny Hartono/Foto:HendryNoesae-JambidailyDOTcom

JAMBIDAILY KESEHATAN – Rumah sakit Siloam Jambi siap melayani anda penderita Wasir, dari pola pengobatan yang konvensional hingga teknlogi tekini.

“Di rumah sakit Siloam siap melayani keluhan wasir hingga terjadinya proses tindakan lebih lanjut. Kami di rumah sakit Siloam bisa melakukan pola pengobatan dari cara yang konvensional hingga yang canggih seperti penggunaan teknologi laser,” Jelas Dr. Benny Hartono, salah satu dokter ahli bedah di rumah sakit Siloam Jambi.

Hal itu disampaikan kepada awak media, dalam momen acara Halal Bihalal yang diadakan di Rumah Putih Jambi, Kota Jambi pada Selasa (30/4/24).

Dr. Benny Hartono menjelaskan Wasir atau dalam dunia medis disebut hemoroid, terjadi ketika pembuluh darah balik (vena) di sekitar anus atau bagian bawah rektum mengalami pembengkakan.

“Meskipun bukan penyakit yang mengancam nyawa, tapi wasir bisa menyebabkan ketidaknyamanan berupa rasa gatal dan nyeri, bahkan dapat berkembang menjadi kondisi yang berbahaya jika tidak ditangani dengan baik,” Urai Dr. Benny Hartono.

Dr. Benny Hartono, kepada awak media berbagi pengalaman penanganan hemoroid dan memberikan wawasan tentang pendekatan terkini dalam pencegahan hemoroid, suatu kondisi yang umum tetapi sering diabaikan.

“Pentingnya perubahan gaya hidup sebagai langkah utama dalam mencegah hemoroid. Pentingnya menjaga pola makan yang sehat dengan meningkatkan konsumsi serat dan cairan, serta menghindari makanan yang bisa menyebabkan sembelit,” Ingatnya.

“Konsumsi serat yang mencukupi dan cairan yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan mencegah sembelit, yang merupakan faktor risiko utama untuk hemoroid,” jelas Dr. Benny Hartono.

Selain itu, kata dia penting untuk menghindari duduk terlalu lama dan meningkatkan aktivitas fisik sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Pada kesempatan ini, Dr. Benny Hartono memberikan langkah-langkah praktis yang dapat dilakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan anus dan mencegah munculnya wasir, mulai dari menjaga pola makan yang sehat hingga rutin bergerak.

Tak lupa pula Ia menekankan pentingnya menjaga berat badan yang sehat dan menghindari tekanan berlebih pada area panggul, yang dapat meningkatkan risiko terkena hemoroid.

“Pencegahan hemoroid, selain yang saya jelaskan tadi ialah rutinitas kebiasaan buang air besar yang sehat, menghindari mengejan terlalu keras, hingga membuka komunikasi dengan dokter, misalnya dengan mengunjungi RS Siloam Jambi,” Imbuhnya. (*/HN)

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

69 − = 60