21 Mei 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sudirman Harap Grand Design Pembangunan Kependudukan Tersusun Dengan Baik dan Sistematis

4 min read

JAMBIDAILY ADV – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Dr. H. Sudirman, SH., MH., mengharapkan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar Tingkat Provinsi Jambi bisa tersusun dengan baik dan sistematis.

Hal tersebut disampaikan Sekda yang mewakili Gubernur Jambi pada saat Melaunching dan Penayangan Dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar Tingkat Provinsi Jambi melalui Platform Jambi Data Analytic Centre (JDAC), bertempat di Ruang Jambi Data Analytic Centre (JDAC) Kantor Gubernur Jambi, Kamis (16/05/2024).

“Ini bagian 5 pilar penting untuk 25 tahun kedepan yang merupakan upaya pemerintah provinsi dan juga nanti diikuti oleh kabupaten dan kota dalam rangka merencanakan tata kelola kependudukan berkolerasi dengan kualitas maupun kuantitasnya. Saya rasa ini bukan hanya sekedar rekomendasi formal saja tetapi merupakan bagian penting dari upaya pemerintah kabupaten kota termasuk provinsi untuk merencanakan kependudukan dalam 25 tahun bisa tersusun dengan baik, sistematis dan menghasilkan sesuatu yang diharapkan serta disamping pengendalian penduduk dan keluarga yang berkualitas tentunya,” ujar Sekda Sudirman.

Sekda Sudirman mengatakan, sebagaimana yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 153 Tahun 2014, agar setiap tingkatan wilayah dapat menyusun suatu rancangan induk atau Grand Design Pembangunan Kependudukan untuk merekayasa dinamika kependudukan di daerahnya. Grand Design Pembangunan Kependudukan dimulai dari tahap penyiapaan yang memuat kajian teknis, inventaris aspirasi dan informasi sektoral, lalu dimatangkan melalui konsesus yang hasilnya dirumuskan dalam dokumen resmi GDPK.

“Apresiasi dan tentu saja terima kasih saya sampaikan selaku Kepala Daerah atas peran serta dan dukungan perangkat daerah dan semua pihak terkait yang telah bekerja sama dan berkolaborasi, sehingga dokumen Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Provinsi Jambi ini dapat diselesaikan, yang peluncuran serta penayangannya akan kita saksikan bersama hari ini,” kata Sekda Sudirman mewakili Gubernur Jambi.

Sekda Sudirman menuturkan, selaku Pembina Pemerintah kabupaten/kota Se-Provinsi Jambi sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 153 Tahun 2024, saya meminta agar perangkat daerah dalam llingkup Pemerintah Provinsi Jambi yang berwenang dapat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap semua Pemda kabupaten/kota terkait Perda/Ranperda dan dokumen GDPK. Berdasarkan laporan yang saya terima, terdapat satu pemerintah daerah (yaitu Kabupaten Merangin) yang belum menyusun dokumen GDPK, satu pemda (yaitu Kota Jambi) yang telah menyusun dan memiliki perda, dan pemda kabupaten/kota lainnya sudah menyusun tapi belum memanfaatkanya.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini, saya meminta agar para Kepala Daerah menguatkan komitmen dan dukungannya terkait penyusunan GDPK daerah masing-masing, untuk kemudian ditindaklanjuti dengan peraturan daerah dan peraturan Bupati/Wali Kota, sehingga nantinya semua pilar yang tertuang dalam dokumen GDPK bisa dijalankan oleh seluruh dinas terkait,” tutur Sekda Sudirman.

Lebih lanjut sekda menyampaikan, terkait dengan pelaksanaan GDPK Award Tingkat Nasinal, penyelesaian dokumen GDPK Tingkat Provinsi Jambi ini bukan sekadar sesuai format, menyiapkan salah satu unsur penilaian GDPK Award Tingkat Nasional semata.

“Namun lebih dari itu, dengan tersusunnya dokumen GDPK ini, kita berharap agar kita dapat mencapai kualitas penduduk Provinsi Jambi yang tinggi, sumber daya manusia yang unggul, yang menjadi faktor penting dalam mewujudkan kemajuan bangsa,” ujar Sekda Sudirman.

“Sebagai Pemerintah Daerah, kita mesti dapat memanfaatkan dokumen GDPK untuk merumuskan perencanaan pembangunan kependudukan untuk jangka waktu 25 tahun, yang dijabarkan setiap lima tahun berisi isu penting kependudukan saat ini, kondisi kependudukan yang dinginkan, program kependudukan, serta roadmap (peta jalan) pembangunan kependudukan, sebagai bagian dari upaya untuk mendukung terwujudnya kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat dan daerah,” tambah Sekda Sudirman.

“Dengan tersusunnya dokumen GDPK ini, hendaknya dapat dapat memperbaiki dan meningkatkan political will dan komitmen kita selaku pemerintah daerah terhadap prioritas pembangunan kependudukan, sekaligus meningkatkan kepedulian pembuat kebijakan terhadap keterkaitan antara isu kependudukan dengan pembangunan, yang saling bersinergi dan terintergrasi,” pungkas Sekda Sudirman.

Acara ini turut dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi Hj. Hesnidar Haris, SE., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jambi, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi dan instansi terkait lainnya. (Diskominfo Provinsi Jambi/Waaly Arizona/Foto: Agus Supriyanto/Video: Ardi Susianto)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

74 − = 65