22 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Menuju Festival Keris Siginjai, Peserta Pergelaran Mendapat Edukasi Sebelum Pelatihan Dimulai

2 min read

JAMBIDAILY SENI – Berbagai persiapan terus dilakukan oleh panitia Festival Keris Siginjai 2024 yang digelar pada 1 sampai 3 Agustus mendatang di Graha Siginjai, Kawasan Kotabaru, Kota Jambi.

Ini merupakan langkah agar persiapan festival dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi tahun ini berlangsung semarak.

Rangkaian persiapan kali ini adalah mengumpulkan 150 peserta yang berasal dari sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK di Kota Jambi. Pertemuan perdana peserta pergelaran bertajuk Telusur Jejak Leluhur” di Festival Keris Siginjai bertempat di gedung Teater Arena, Taman Budaya Jambi pada Jumat sore, 14 Juni 2024.

Pertemuan diawali penyampaian oleh Hendry Nursal, selaku Direktur Festival Keris Siginjai, mengenai kegiatan.

Dihadapan peserta, Hendry menerangkan bagaimana menyukseskan untuk lebih menjaga lingkungan khususnya sungai Batanghari, juga seni dan budaya lokal.

Lalu menariknya, Hendry juga menyebut bahwa ada misi yang dia harapkan, yaitu keinginannya mengangkat keberadaan Graha Siginjai, seperti halnya Daerah lain.

Dia mencontohkan Bandung, begitu terkenalnya Gedung sate, padahal itu adalah kantor Gubernur Jawa Barat. Sama halnya Graha Siginjai, agar lebih melekat nama gedungnya.

“Seperti misalnya, Kantor Gubernur Jawa Barat yang dikenal sebutan Gedung Sate. Saya berharap mengangkat Graha Siginjai,” tandas Hendry.

Lanjut Hendry, Festival Keris Siginjai merupakan rangkaian Kenduri Swarnabhumi tahun ke tiga.

Tahun ini kembali digelar, namun perbedaan dengan tahun lalu adalah untuk Kota Jambi seluruh penyelenggara adalah anak muda. Bahkan Peserta dalam pergelaran nantinya akan tampil pada acara penutupan atau malam puncak Festival Keris Siginjai pada 3 Agustus 2024.

“Kami ingin adanya regenerasi yang lebih baik, semua penyelenggara adalah anak muda. Pergelaran pada malam hari sehingga tidak mengganggu jadwal sekolah, selama libur sekolah latihan lebih dipadatkan,” sambung Hendry.

Adapun jadwal latihan akan dimulai pada Kamis 20 Juni 2024 pukul 15.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Ditargetkan menjelang liburan sekolah selesai, latihan bisa mencapai 12 kali pertemuan. Adapun selama latihan tari berlangsung akan dibimbing oleh Koreografer, Icalago yang didampingi oleh para asisten yaitu: Rahul, Syawal, Wuvig Azizah dan Tiara.

Pada kesempatan ini, Icalago menegaskan pentingnya disiplin. Bagi yang tidak disiplin, bersiap siap diganti dengan peserta lain.

“Yang penting harus disiplin. Kalau terlambat dari jadwal jam 3 sore, tetapi datang jam 4 sore mendingan pulang sekalian,” tegas Icalago. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

52 − = 44