8 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Al Haris Buka Festival Batanghari, Dorong Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Mengangkat Hasanah Budaya Jambi

5 min read

JAMBIDAILY ADV – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH dengan didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj. Hesnidar Haris, SE mengemukakan, dengan adanya Festival Batanghari bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam menyajikan bermacam-macam kuliner khas daerah masing-masing juga mengangkat budaya dan kearifan lokal masyarakat khas Daerah Aliran Sungai Batanghari disajikan lewat event tersebut.

Demikian dikemukakan Gubernur saat Pembukaan Festival Batanghari Tahun 2024, bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Pinang Masak kawasan Pasar Kota Jambi, Jum’at (05/07/2024) malam.

Festival Batanghari 2024 Karisma Event Nusantara (KEN) dengan tema Semakin Dilestarikan Semakin Mensejahterakan ini berlangsung mulai tanggal 05 sampai 08 Juli 2024.

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Al Haris menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang telah banyak membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dalam bidang kepariwisataan. “Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang sudah luar biasa menggerakkan dan membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam bidang kepariwisataan, semoga tingkat kunjungan wisata di Provinsi Jambi semakin baik dan omset kita semakin baik dalam rangka memulihkan ekonomi dalam bidang wisata, yang selama ini terpuruk dikarenakan menanggung imbas dari merosotnya industri pariwisata akibat pandemi virus corona,” ujar Gubernur Al Haris.

Pada kesempatan ini Gubernur Al Haris juga menjelaskan bahwa Provinsi Jambi banyak sekali potensi wisata yang bisa dikembangkan, ada beberapa macam baik itu wisata alam, budaya dan juga sejarah. “Provinsi Jambi banyak sekali wisata yang bisa kita kembangkan, ada beberapa macam baik itu wisata alam, budaya dan juga wisata sejarah, kalau kita mau lihat wisata alam misalnya ada beberapa daerah di Jambi yang tidak kalah dengan tempat wisata lain di Indonesia seperti misalnya Candi Muaro Jambi, Gunung Kerinci yang tertinggi di Asia tenggara dan Merangin Geopark serta goa-goa yang ada, kemungkinan tidak banyak daerah lain punya, saat ini Candi Muaro Jambi dalam pemugaran dari pemerintah pusat. Kami juga ucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim yang telah banyak menggelontorkan dananya untuk Jambi dalam pemugaran Candi Muaro Jambi, yang insya Allah diakhir tahun nanti bisa diresmikan oleh Presiden RI,” jelas Gubernur Al Haris.

“Saya juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada semua pihak, perangkat daerah terkait, seluruh komunitas budaya, penggiat aktivis lingkungan, dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi atas dukungan dan peran sertanya sehingga Festival Batanghari kembali terkurasi masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia,” lanjut Gubernur Al Haris.

Lebih lanjut Gubernur Al Haris memaparkan, wisata yang tidak kalah menarik dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat Festival Arakan Sahur, selain itu kemaren Provinsi Jambi juga didatangi investor dari Korea Selatan, mereka melihat ada danau di tengah kota. “Kemaren ada Investor dari Korea Selatan berminat mengembangkan Danau Sipin dan kami sudah buat MoU, sementara nantinya ibu Wali Kota untuk menindaklanjuti, selain itu Provinsi Jambi juga ada tiga bandara, untuk para wisatawan datang ke Jambi, pertama Bandara Sulthan Thaha Jambi, Bandara Bungo dan Bandara Departi Parbo Kerinci, kita juga mengharapkan pemerintah pusat segera memperpanjang Runway landasan agar semua pesawat bisa masuk di Jambi ini,” papar Gubernur Al Haris.

“Rangkaian acara yang terus ditingkatkan akan mengangkat budaya dan kearifan lokal masyarakat khas Daerah Aliran Sungai Batanghari disajikan lewat event bertaraf nasional ini dapat menjadi upaya kita bersama untuk mengangkat kembali peradaban Sungai Batanghari, mendorong gerakan kolektif seluruh komponen masyarakat untuk turut melestarikan tradisi dan kebudayaan masyarakat pinggiran Sungai Batanghari, sebagai objek pendukung pariwisata Sungai Batanghari,” sambung Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris berharap, melalui event Festival Sungai Batanghari dapat menggerakkan ekonomi kreatif yang mengangkat keunggulan lokal akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik secara ekonomi maupun membentuk karakter masyarakat Provinsi Jambi yang berbudaya dan mencintai lingkungannya. “Saya mengajak seluruh masyarakat disepanjang kawasan wilayah aliran Sungai Batanghari, khususnya masyarakat Provinsi Jambi, bersama dengan pemerintah daerah, untuk turut melibatkan diri dalam upaya pelestarian Sungai Batanghari. Mari kita bangun kebanggaan dan rasa memiliki terhadap Sungai Batanghari. Kita manfaatkan semua potensinya dengan arif dan menjaganya secara bersama, demi kesejahteraan masyarakat serta demi generasi masa depan,” harap Gubernur Al Haris.

“Melalui KEN 2024 ini, Festival Batanghari 2024 dan Festival Arakan Sahur khas masyarakat Tanjung Jabung Barat yang telah diselenggarakan pada bulan Ramadhan lalu, akan semakin meningkatkan value Provinsi Jambi dimata nasional dan global, meningkatkan pergerakan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan destinasi wisata, produk unggulan serta keberagaman budaya Provinsi Jambi, menggerakkan UMKM Provinsi Jambi, yang tentu saja akan berdampak pada pergerakan dan peningkatan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan, yang turut menopang keberlangsungan pembangunan masyarakat dan daerah,” tutup Gubernur Al Haris.

Sementara itu, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nia Niscaya menyampaikan, Provinsi Jambi ada 2 event yang masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara (KEN) ini tidak mudah. “Ada 2 event yang masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara (KEN), ini tidak mudah, sudah melalui penilaian yang sangat ketat yang dilakukan oleh tim penilai, untuk itu kami akan memberikan piagam penghargaan kepada Provinsi Jambi,” ucapnya.

“Prodak kuliner Jambi sangat mendukung Provinsi Jambi dalam dunia pariwisata, ini akan menjadi nilai tambah bagi parawisata nusantara serta menampilkan berbagai produk kreatif hasil karya masyarakat Jambi yang akan berkunjung ke Jambi,” tambahnya.

Pada kesempatan ini Gubernur Al Haris bersama Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nia Niscaya menyerahkan sertifikat kepada para bupati/wali kota yang daerahnya peningkatan pariwisata meningkat, yaitu Kota Jambi, Kabupaten Merangin dan Kerinci yang diterima langsung oleh Pj. Wali Kota Jambi, Pj. Bupati Merangin dan Pj. Bupati Kerinci.

Pembukaan Festival Batanghari ini turut dihadiri oleh Anggota DPR RI Drs. H. Hasan Basri Agus (HBA), para bupati/wali kota se-Provinsi Jambi, para perwakilan dari provinsi tetangga, Sekda Provinsi Jambi Dr. H. Sudirman, SH, MH, para Unsur Forkopimda Provinsi Jambi, para OPD Provinsi Jambi dan Kepala Dinas Pariwisata kabupaten/kota se-Provinsi Jambi serta para tamu undangan lainnya. (Diskominfo Provinsi Jambi/Sapra Wintani, Foto: Novriansah/Video: Erict Sutriedi)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + = 20