16 Juli 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Diskominfo Provinsi Jambi Gelar Bimtek Desain Grafis Perkuat Publikasi Konten Media Informasi dan Komunikasi Visual

3 min read

JAMBIDAILY ADV – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jambi melalui Bidang Komunikasi Publik menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Dasar Desain Grafis sebagai Penunjang Publikasi dalam Konten Media Informasi dan Komunikasi Visual Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se -Provinsi Jambi Tahun 2024, bertempat di Hotel Wiltop, Kota Jambi, Kamis (11/07/2024).

Hadir pada kesempatan ini mewakili Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Provinsi Jambi Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Publik Amirzan, SH, Kepala Seksi (Kasi) Sumber Daya Komunikasi Publik Andika Pratama, S.Kom, perwakilan dari kabupaten/kota se-Provinsi Jambi.
Kegiatan yang dihadiri sebnayak 60 peserta ini menghadirkan narasumber dari akademisi UNAMA Dr. Nurhadi, S. Kom, M.Cs.

Kabid Komunikasi Publik Amirzan, SH yang mewakli Kadis Kominfo Provinsi Jambi menyatakan bahwa pada Era Digitalisasi dalam pergerakan Revolusi industri 4.0 di Indonesia saat ini, dihadapkan pada tantangan hadirnya para talenta-talenta digital dalam mendukung perkembangan ekosistem industri teknologi.

“Tantangan ini perlu kita hadapi bersama salah satunya melalui kegiatan dan inovasi dari berbagai pihak dalam memajukan talenta digital Indonesia, baik dari pemerintah maupun mitra kerja pemerintah untuk dapat menyiapkan talenta tersebut yang sangat berkualitas nantinya,” ujar Amirzan.

Dijelaskan Amirzan, dengan semakin berkembangnya teknologi dan media-media baru, membuat peranan desain grafis dalam segala bidang usaha sangat dibutuhkan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya bidang usaha maupun kalangan pemerintahan memanfaatkan keahlian desainer grafis dalam mendukung promosi, khususnya melalui visual yang semakin marak membuat kita dituntut untuk bisa mengembangkan diri dalam membuat sebuah karya atau produk yang bisa menarik minat masyarakat, dengan mengandalkan kemampuan Tipografi, pengolahan gambar, tata letak, ilustrasi dan fotografi.

“Peran Teknologi dalam Desain Grafis dan Komunikasi Visual menjadi salah satu unsur penting dalam media informasi dan komunikasi pada era digital saat ini, ada banyak media yang menjadi Platform visual dan audio visual seperti Facebook, Instagram, hingga TikTok. Bahkan media konvensional seperti Media Cetak dan Media Elektronik sudah menggunakan Desain Visual sebagai pendukung produk-produk mereka jauh sebelum adanya perkembangan media digital pada saat ini,” jelasnya.

Amirzan juga melanjutkan, kini Desain grafis dan Desain Visual seolah menjadi primadona dalam menciptakan daya Tarik dalam menyajikan Informasi Komunikasi dan Publikasi di dalam sebuah platform Media.

“Desain Grafis juga termasuk bagian dari Content Creator dengan menampilkan keahlian dalam bentuk visual yang menggunakan media gambar untuk menyampaikan atau mempromosikan suatu cerita, informasi atau publikasi menjadi lebih efektif dan menarik. Desain grafis memudahkan dalam menyajikan informasi menjadi lebih menarik serta lebih nyaman secara visual. Karena hal itulah menjadi salah satu bidang yang sangat diminati oleh generasi muda saat ini, dalam mendukung percepatan transformasi digital yang semakin pesat,” pungkasnya.

Sementara itu sebelumnya, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Andika Pratama, S.Kom dalam laporannya menyatakan bahwa dengan semakin berkembang dunia teknologi dan informasi di Indonesia khususnya karena banyaknya pengguna aktif media-media di Indonesia.

“Setiap kegiatan dilingkup organisasi atau pemerintahan tersebut pasti melakukan publikasi melalui media sosial baik itu merupakan tayangan video foto maupun tulisan berita dengan tampilan visual yang menarik. Pemerintah provinsi dari daerah terkadang mempunyai kendala dalam membuat atau mengolah sebuah informasi dengan baik sehingga kelemahan kita masih ada yang mengganti jasa konten kreator atau jasa para desainer dari pihak lain atau mungkin pihak ketiga untuk dapat bekerjasama dalam pekerjaan dan terkadang mempunyai kendala dalam pelaksanaan pastinya seperti peraturan-peraturan yang berlaku hingga terkadang kita kesulitan dalam melakukan hal tersebut,” ujar Andika.

“Oleh karena itu kami mengambil kesempatan ini melalui Bidang Komunikasi Publik melalui Seksi Kegiatan Pengembangan Sumber Daya Manusia memberikan pelatihan atau pengetahuan untuk menambah kemampuan teknologi dan publikasi media sosial,” lanjutnya. (Diskominfo Provinsi Jambi/Maria Yuliana/Foto: Novriansah)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 5