20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Berikan Bantuan Sapi 29 Ekor di Tanjab Barat, SKK Migas PetroChina: Untuk di Budidayakan dan Kembangbiakkan

4 min read

JAMBIDAILY TANJAB BARAT – SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan bantuan sapi sebanyak 29 ekor untuk di Budidayakan dan Penggemukkan ke kelompok Tani Berkah Makmur Kelurahan Tungkal 2 dan Kelompok Tani Karya Maju Desa Tungkal 1, Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Dalam penyerahan bantuan ternak sapi ini turut dihadiri Bupati Tanjab Barat Drs. H. Anwar Sadat M. Ag., Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Lasno Government and Relation Superintendent, Agung Bratanata Field Admin Superintendent, Ahmad Ramadlan CSR dan Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjung Jabung Barat yang diwakili oleh Sekertaris Dinas Rasmanto S.Hut, Kepala Bappeda Katamso, Kepala Dinas PUPR Tanjab Barat Apri Dasman. ST. MT., Camat Tungkal Ilir, Lurah Tungkal II Sumartono, Kepala Desa Tungkal 1, Ketua Kelompok Tani dari Tani Berkah Makmur Kelurahan Tungkal 2 Riyan Hidayat dan Kelompok Tani Karya Maju Desa Tungkal 1 serta tamu undangan lainnya.

Bupati Tanjab Barat, Anwar Sadat dalam wawancaranya mengucapkan terima kasih atas bantuan Program Penggemukan dan Budidaya Sapi yang diberikan oleh SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd kepada 2 Kelompok Tani yaitu Kelompok Tani Berkah Makmur dan Kelompok Tani Karya Maju.

“Alhamdulilah, hari ini kami bersama PetroChina International Jabung Ltd memberikan bantuan Budidaya dan Penggemukan Ternak Sapi. bantuan ini merupakan bantuan dari PetroChina melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) kepada Masyarakat Tanjab Barat,” ujar Bupati Anwar Sadat, Sabtu (13/07/2024).

Bupati Anwar Sadat berharap dengan adanya bantuan ini, bisa meningkatkan ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat, khususnya masyarakat Desa Tungkal 1 dan Masyarakat Kelurahan Tungkal II.

“Semoga bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. kami juga berharap bantuan ini di jaga dan terus dikembangkan,” ungkap Bupati Anwar Sadat.

Hal senada juga disampaikan Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Rudy Hermawan juga menyebutkan bahwa para kelompok tani tersebut selain diberi bantuan ternak sapi sebanyak 29 ekor juga diberikan bantuan kandang komunal, bantuan pakan dan obat obatan serta pelatihan agar dibekali dengan keilmuan yang bisa menopang dalam menjalankan peternakan sapi itu.

“Kita berada disini untuk kegiatan penyerahan bantuan sapi dan bantuan lainnya yang merupakan program pengembangan masyarakat PetroChina di Kelurahan Tungkal II dan Desa Tungkal 1 yang sebanyak 29 ekor sapi,” kata Rudy.

“Selain bantuan sapi juga diberikan Pelatihan, bimbingan teknis (bimtek), bantuan pakan dan obat obatan,” ucapnya.

Rudy juga menjelaskan setiap bantuan yang diberikan, pihaknya selalu memberikan manfaat untuk lingkungan dan masyarakat disekitar wilayah operasi. Agar tidak merusak ekosistem yang ada dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Di kelompok tani pihaknya memberikan pelatihan untuk mengolah kotoran sapi agar tidak menjadi limbah. Artinya tidak hanya memberikan manfaat secara ekonomi juga memberikan manfaat secara lingkungan.

“Disamping memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga harus memberikan manfaat untuk menjaga lingkungan. Diperternakan ini juga kami bekali dengan pengolahan limbahnnya,” ungkapnya.

Sementara itu, sekretaris dinas perkebunan dan peternakan kabupaten Tanjung Jabung Barat, Rasmanto.S.Hut., juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bantuan yang diterima oleh kelompok tani yang ada di kabupaten Tanjung Jabung Barat khususnya di wilayah kecamatan Tungkal Ilir.

Dirinya berharap agar bantuan yang diterima dapat membantu dan memaksimalkan keberadaan kelompok tani dalam memberi manfaat kepada para petani di pedesaan.

“Saya berharap dengan adanya bantuan ini bisa menjadi modal kelompok kami dalam menjalankan perannya sehingga bisa membantu menguatkan dalam bidang pertanian dan peternakan,”ujarnya.

Ketua Kelompok Tani Berkah Makmur, Riyan Hidayat dan mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd atas Bantuan Budidaya dan Penggemukan Ternak Sapi.

“Terima Kasih Kami ucapkan kepada pihak SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd dan Pemkab Tanjab Barat atas bantuan ini. semoga bantuan ini bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan anggota kelompok tani kami,” ucap Riyan.

Riyan juga mengapresiasi bantuan program Budidaya dan Penggemukan Ternak Sapi yang dilakukan oleh SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd untuk anggota kelompok tani Berkah Makmur.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan ini. dengan adanya program ini bisa menambah ilmu dan wawasan kelompok kami tentang tata cara budidaya pengembangan ternak sapi yang baik, sehingga bisa menghasilkan sapi-sapi yang berkualitas,” pungkas Riyan. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

60 + = 62