20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Cek Lokasi Kebakaran Lahan Gambut, Dandim 0419/Tanjab: Jaga Lingkungan dan Hutan Demi Masa Depan

2 min read

Tanjab Barat – Dandim 0419/Tanjab Letkol Arm Dwi Sutaryo, S.E., M.Han, didampingi Danramil 419-03/Tungkal Ilir, Kapten Inf Safri Napitupulu, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, melaksanakan patroli dan pengecekan lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Sungai Dungun, Kecamatan Kuala Betara, Kabupaten Tanjungjabung Barat, pada Rabu (31/7/24).

Sesampainya di lokasi, Dandim menjelaskan bahwa Karhutla tersebut telah mengakibatkan terbakarnya 3 hektar lahan gambut. Ia juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan, terutama lahan dan hutan.

“Saya bersama Danramil 419-03/Tungkal Ilir serta bapak Bhabinkamtibmas mengecek lokasi Karhutla di Desa Sungai Dungun yang mengakibatkan terbakarnya 3 hektar lahan gambut,” jelas Letkol Arm Dwi Sutaryo.

Dandim juga menekankan pentingnya kerja sama antara masyarakat dan aparat dalam menjaga lingkungan. “Kami dari Kodim dan Polres menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lahan kita. Mari bersama-sama menjaga hutan yang ada di lingkungan kita. Hutan merupakan kehidupan kita dan masa depan cucu kita,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan aparat di lapangan untuk bersinergi dalam melaksanakan patroli, mengantisipasi kemungkinan adanya warga yang sengaja membakar lahan untuk tujuan pengelolaan yang cepat dan praktis.

“Saya juga menghimbau kepada Danramil dan Pak Bhabin di lapangan untuk bersinergi dalam melaksanakan patroli, karena dikhawatirkan ada kesengajaan oleh warga untuk mengelola lahannya dengan cara cepat dan praktis melalui pembakaran lahan,” tambahnya.

“Semoga kejadian Karhutla di Desa Sungai Dungun ini tidak terulang lagi,” tandas Letkol Arm Dwi Sutaryo. (**)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 45 = 48