18 Oktober 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pameran 58 Karya Desain Motif Batik dan 38 Bazaar UMKM di Festival Keris Siginjai

2 min read

JAMBIDAILY SENI – Festival keris siginjai rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 di kota Jambi, dimulai (Kamis, 01/08/2024) di Halaman Graha Siginjai, suguhkan pameran karya desain motif batik dan stand bazaar UMKM.

Karya desain motif sebelumnya dilombakan bertema Candi Solok Sipin (Sabtu, 27/07/2024) lantai 4 Graha siginjai, diikuti oleh 58 orang pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Dalam lomba ditunjuk sebagai juri oleh tim kerja festival keris siginjai, ialah Muzakir, Maman MS dan Mg Alloy untuk tingkat SMA, sedangkan tingkat SMP ialah Zainul Bahri, Edi Dharma dan Zulkifli.

“Lomba dan paemran ini kita berupaya mewariskan nilai-nilai sejarah terkait candi solok sipin, dan juga salah satu cara terus menanamkan rasa bangga kepada pelajar memiliki warisan dan kekayaan bangsa Indonesia, yaitu Batik,” Jelas Hendry Nursal, Direktur Festival Keris Siginjai (Kamis, 01/08/2024).

“Semua hasil karya lomba kami pamerkan, sehingga diharap mampu memberikan motivasi kepada pelajar untuk terus berkarya. Untuk pengumuman pemenang pada malam puncak festival keris siginjai, sayapun berpesan pada peserta menang ataupun kalah itu biasa, ya itulah lomba. Terpenting adalah mau menghadapi suatu kompetisi sudah menjadi nilai tambah,” Tambahnya menjelaskan.

Sementara itu, stand bazaar pameran sebagai upaya turut mendorong dan berperan dalam pertumbuhan ekonomi kreatif

“Ada 38 stand bazaar UMKM, sebenarnya masih banyak lagi UMKM yang ingin turut berpartisipasi namun kami memiliki keterbatasan. Mohon maaf belum bisa Bersama di festival keris siginjai, mungkin lain Waktu dan lain kesempatan bisa,” Tutur Hendry Nursal.

“Kami juga sangat berminat dan ingin turut menumbuhkan ekonomi kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat di kota Jambi khususnya bahkan provinsi Jambi umumnya,” Pungkas Hendry.

Festival Keris Siginjai berlangsung 1-3 Agustus 2024 di halaman Graha Siginjai, menghadirkan pergelaran “Keris Siginjai”, Wisata Sejarah Bersama pelajar, Lomba Desain Motif Batik Solok Sipin, Fashion Show Batik rancangan Desainer Muda Jambi, Festival Tugu Keris Siginjai, Pameran karya Batik dan Bazaar UMKM, lalu pergelaran kolosal “Telusur Jejak Leluhur” (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 77 = 87