17 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tetap Percaya Diri Memasuki Masa Purnabakti

3 min read

JAMBIDAILY PROFIL- Plh. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Min Usihen meminta kepada seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkumham yang akan memasuki masa purnabakti, agar jangan pernah kehilangan kepercayaan terhadap diri sendiri.

Min berpesan kepada calon pensiunan ini untuk tetap selalu penuh semangat, dan terus meningkatkan produktifitas.

“Yakinlah bahwa dimanapun saudara tinggal, masyarakat masih sangat mengharapkan peran aktif saudara, dan masyarakat masih sangat menunggu pengabdian kita semua,” katanya saat memberikan pembekalan kepada calon purnabakti periode 1 September 2024 s.d 1 Agustus 2025 di lingkungan Kemenkumham.

Pensiun bukan berarti masa pengabdian seorang ASN telah selesai, akan tetapi pensiun merupakan awal dimulainya suatu pengabdian seorang abdi masyarakat dalam bentuk dan lingkungan yang berbeda.

“Oleh karena itu, keyakinan atas harapan dan ekspektasi masyarakat itulah, pada kegiatan ini kita tegaskan kembali bahwa, masa purnabakti bukanlah akhir masa pengabdian seorang ASN kepada bangsa dan negaranya,” ujar Min di Graha Pengayoman.

Plh. Sekjen memandang bahwa pensiun merupakan suatu kehormatan dalam bentuk penghargaan yang diberikan oleh negara kepada setiap pegawai ASN yang telah mengabdikan sebagian hidupnya dengan baik untuk bangsa dan negara, serta masyarakat.

“Seseorang yang telah bertahun-tahun bekerja sebagai aparatur pemerintah, tentu dimata masyarakat dipandang dan dipercaya telah memiliki pengetahuan dan kemampuan di bidang penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan,” katanya, Selasa (06/08/2024).

Pembekalan berupa keterampilan yang dilakukan terhadap 200 peserta yang hadir secara langsung dari unit utama dan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham DKI Jakarta, serta 980 peserta yang hadir secara daring dari kanwil dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) ini bertujuan untuk mewujudkan purnabakti yang mandiri dan berdedikasi tinggi.

Sebelumnya Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal, Supartono mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, sejak 6 hingga 8 Agustus 2024 mendatang. Adapun pada hari pertama akan diberikan pembekalan materi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), Yayasan Purna Pengayoman, PT. Tabungan Asuransi Pensiun (Taspen), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Pada hari kedua, terdapat lanjutan pembekalan materi dari motivator dan PT. Bank Mandiri Taspen, dan di hari terakhir akan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Pada kesempatan ini, Ketua Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN), Dharma Oratmangun memberikan sertifikat lisensi kepada Plh. Sekjen untuk kegiatan ini dalam penggunaan lagu/musik secara komersial dan hak pencipta dalam hal hak pertunjukan/hak pengumuman/hak komunikasi dan/atau hak terkait dalam hal hak penyiaran/hak komunikasi berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Sertifikat tersebut diberikan karena dalam kegiatan ini terdapat hiburan musik yang melibatkan sejumlah musisi ternama, seperti diantaranya Marcell Siahaan, Andre Hehanusa, dan Ikke Nurjanah.

Bagi peserta calon purnabakti yang hadir secara langsung akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan dari Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Sekretariat Jenderal. Sedangkan bagi peserta daring dilakukan oleh tim kesehatan masing-masing wilayah/UPT.***

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 1