19 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Satgas TMMD Dorong Mahasiswa Unja Sosialisasikan Hidup Sehat di Desa melalui Edukasi

2 min read

Muarojambi – Dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kesehatan di tengah masyarakat, mahasiswa Universitas Jambi mendapatkan penyuluhan kesehatan dari Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 0415/Jambi.Kegiatan ini dilaksanakan di bawah pimpinan Pelda Sumardi dari Denkesya 02.04.02.

Penyuluhan yang berlangsung pada Minggu (11/8) tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat berperan aktif dalam menyosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat (Germas) kepada masyarakat, terutama di Desa Sukanaju.

Pelda Sumardi menekankan bahwa menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat adalah kunci untuk mencegah penyakit, terutama di lingkungan pedesaan yang rentan terhadap masalah kesehatan.

“Kami mengajak mahasiswa untuk ikut berperan dalam Germas, yaitu gerakan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. Ini adalah upaya preventif yang sangat penting dalam menurunkan beban penyakit dan biaya pengobatan di masa depan,” ujar Pelda Sumardi.

Lebih lanjut, Germas mencakup beberapa aspek utama seperti aktivitas fisik yang rutin, konsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, serta pemeriksaan kesehatan secara berkala. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan juga menjadi bagian tak terpisahkan dari gerakan ini.

Pelda Sumardi berharap, melalui penyuluhan ini, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang aktif di masyarakat, membantu menyebarkan informasi dan praktik hidup sehat yang dapat meningkatkan kualitas hidup warga desa.

“Harapannya, dengan penyuluhan ini, masyarakat dapat memahami dan tergerak untuk menerapkan pola hidup sehat dan bersih di lingkungan mereka masing-masing,” tutupnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya hidup bersih dan sehat dapat menyebar luas di kalangan masyarakat Jambi, khususnya di desa-desa yang menjadi sasaran program TMMD. **

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

90 − 81 =