15 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pengiat Alam Renah Alai Buka Jalur Pendakian Gunung Masurai. Lintasi Taman Edelweis Hingga Istana Lumut

2 min read

JAMBIDAILY WISATA – Bagi yang suka treking atau mendaki gunung boleh dicoba nih naik gunung Masurai. Gunung Masurai ini secara administrasi berada dalam tiga wilayah kecamatan di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yakni kecamatan Lembah Masurai, Jangkat dan Jangkat Timur.

Gunung Masurai dengan ketinggian 2.935 mdpl ini berada di sebelah barat daya dari kota Bangko (Ibu Kota Kabupaten Merangin) dengan jarak sekitar 110 km. Meski belum sepopuler Gunung Kerinci, namun Gunung tertinggi kedua di Provinsi Jambi ini juga banyak dikunjungi pecinta treking.

Selama ini pendakian bisa dilalui melalui Desa Sungai Lalang, Kecamatan Lembah Masurai. Namun saat ini untuk mendaki Gunung Masurai bisa juga melalui rute Desa Renah Alai, Kecamatan Jangkat.

Jalur pendakian gunung Masurai ini baru dibuka oleh penggiat alam Desa Renah Alai.

Rute Desa Renah Alai ini disebut ramah bagi pendaki, bahkan bagi pendaki pemula, karena dengan jalur yang tidak terlalu menantang dan langsung menuju puncak Gunung Masurai atau Top.

Kesriadi Ketua BPD Desa Renah Alai mengungkapkan secara jarak tempuh tidak jauh berbeda dengan rute Sungai Lalang, namun pendakian melalui rute Renah Alai langsung ke top.

“Melalui rute Renah Alai ini cukup ramah untuk pendaki, bahkan untuk pendaki pemula, karena rutenya tidak terlalu menantang, kemudian kelebihannya juga rute Renah Alai ini langsung ke top,” ungkap Kesriadi.

Menariknya lagi, lanjut Kesriadi pendakian melalui rute Renah Alai akan disuguhkan dengan pemandangan yang memanjakan mata, karena akan melintasi taman edelweis dan istana lumut atau hutan lumut.

“Jadi kita akan melalui rute Istana Lumut dan Taman Edelweis, lautan awan, air terjun dan juga sunrise dipagi hari dan sunset sore hari,” sebutnya lagi.

Senada juga diungkapkan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) R.A Desa Renah Alai, Ardo. Dia mengatakan rute pendakian Renah Alai dapat dilalui 6 hingga 7 jam ke puncak Gunung Masurai.

“Jalurnya cukup nyaman, mulai dari pintu rimba hingga ke top itu dapat dilalui dengan waktu 6 hingga 7 jam bagi pendaki pemula, tapi kalau yang sudah biasa mendaki gunung itu bisa ke puncak dengan waktu 5 atau 6 jam,” kata Aldo.

Aldo melanjutkan bagi yang ingin mendaki gunung Masurai melalui rute Renah Alai Pokdarwis R.A siap membantu, bahkan mendampi hingga ke puncak Gunung Masurai.

“Rute ini Insyaallah tidak lama lagi akan diresmikan, bagi yang ini menjajal naik Gunung rute Renah Alai ini kita siap bantu, dan bisa menghubungi anggota Pokdarwis R.A. Untuk mendapatkan informasi pendakian gunung Masurai rute Renah Alai ini dapat menghubungi nomor WhatsApp 082327422014 dan telpon 082293593244,” terang Ardo lagi.(*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1