20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Danrem 042/Gapu Pimpin Langsung Penanganan Karhutla di Hutan Lahan Gambut Londrang

3 min read

Muarojambi — Dalam upaya mengatasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda daerah Hutan Lahan Gambut (HLG) Londrang, yang terletak di perbatasan Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjab Timur, Provinsi Jambi, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Rachmad S.I.P., bersama dengan Kasi Intel Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf M. Imasfy S.E dan Kasiops Kasrem 042/Gapu Kolonel Inf Ibnu Suharmanto, turun langsung ke lokasi. Kunjungan ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Sebelum melakukan kunjungan ke lokasi kebakaran, Danrem 042/Gapu mengadakan briefing di Markas Yonif 142/KJ bersama Dandim 0415/Jambi, Kabid BPBD Prov. Jambi Bapak Andre, Humas PT. WKS Bapak Taufik, dan perwakilan dari PT. EWF. Briefing ini bertujuan untuk menjelaskan tanggung jawab dan tugas masing-masing pihak dalam rangka optimalisasi pemadaman dan penyekatan kebakaran hutan di wilayah HLG Londrang.

Setelah briefing, Danrem 042/Gapu bersama rombongan menuju lokasi kebakaran di Desa Manis Mato, Kabupaten Muaro Jambi, melalui perjalanan darat selama kurang lebih satu jam.

Setibanya di Posko Karhutla Desa Manis Mato, mereka disambut oleh WM Head PT. Rimba Hutani Mas (RHM) MUBA dan PT. WKS Bapak Bowo Suratman, Regen Head PT. WKS Bapak Rudi, serta Manajer Distrik 7 PT. WKS Bapak Indomer.

Di lokasi Posko, terlihat Helikopter Water Bombing sedang melakukan pemadaman dan pembasahan lahan. Danrem 042/Gapu langsung memimpin pemasangan dua unit Water Intake di kanal yang tersedia untuk memastikan ketersediaan air dan pengisian sekat kanal guna menghentikan pergerakan api. Sumber air diambil dari Sungai Batang Hari yang terletak sekitar satu kilometer dari Posko.

Selama di lapangan, Danrem 042/Gapu bersama tim Satgas Karhutla mengoptimalkan aksi pemadaman dan menginap di lokasi untuk memantau pergerakan api secara langsung. Selain pemasangan Water Intake, aksi di lapangan juga didukung oleh tiga unit Helikopter Water Bombing, 12 unit alat berat dari PT. EWF, PT. WKS, dan Pemkab. Tanjab Timur, serta pengerahan personel dari Kodim 0415/Jambi, Kodim 0419/Tanjab, Manggala Agni, RPK masing-masing perusahaan, dan BPBD Provinsi Jambi sebanyak 600 orang.

Pada hari kedua, Danrem 042/Gapu memimpin rombongan Satgas Karhutla menuju lokasi kebakaran di Desa Catur Rahayu, Kabupaten Tanjab Timur.

Di lokasi ini, api dan asap masih terlihat, dan Danrem turun ke lapangan bersama tim Satgas Karhutla untuk melakukan penyemprotan lahan yang terbakar dengan bantuan tiga unit Helikopter Water Bombing.

Danrem 042/Gapu menegaskan bahwa kehadirannya di lapangan bertujuan untuk mengendalikan seluruh stakeholder agar bergerak bersama, mengoptimalkan aksi Super Tim dalam pemadaman kebakaran, serta untuk memotivasi dan mendukung personel di lapangan.

Ia menambahkan, “Saat ini, titik api di lokasi sebagian sudah bisa ditangani oleh Satgas Karhutla secara bertahap, dengan pemadaman dan pendinginan pasca kebakaran serta penyekatan. Namun, masih ada titik-titik api yang terus muncul karena pengaruh angin di lokasi.”**

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 9 = 19