15 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Kampanyekan Gerakan Literasi di Tanjab Timur, SKK Migas PetroChina Luncurkan Cafe Literasi dan Gelar Festifal Literasi Geragai

4 min read

JAMBIDAILY MUARASABAK – Launching Cafe Literasi dan Festival Literasi Geragai yang diselenggarkan oleh SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd, pada Kamis (29/8) pagi mendapat apresiasai dan respon sangat baik dari pemerintah setempat. Dimana Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan mengharapkan dengan adanya Cafe Literasi yang dibangun oleh SKK Migas PetroChina ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur khususnya masyarakat Kecamatan Geragai.

Hal itu dikatakan oleh Camat Geragai, Eduard Aidi, S.Km saat menyampaikan sambutannya. Dia mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas kontribusi dan sumbangsih yang telah diberikan oleh SKK Migas PetroChina di Kecamatan Geragai ini, kemudian dia meminta kepada masyarakat Kecamatan Geragai untuk dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan yang diberikan dan kesempatan ini, khususnya UMKM yang akan menopang peningkatan perekonomian untuk kesejahteraan seluruh masyarakat di Kecamatan Geragai.

“Kepada para pemuda di Kelurahan Pandan Jaya, saya minta untuk saling membimbing dan belajar di Cafe Literasi ini. Insya Allah dimasa yang akan datang, perekonomian kita di Geragai ini akan meningkat, sehingga masyarakat sejahtera,” pintanya.

Para pemuda bisa belajar dari literasi ini, dan mungkin kedepannya bisa membangun sendiri bisnis UMKM dan menjadi besar. Selain itu, Dirinya juga sudah berkomunikasi kepada sejumlah OPD terkait, bahwa Kecamatan Geragai telah memiliki tempat untuk melakukan kegiatan atau pertemuan, yaitu di Cafe Literasi.

“Harapannya dengan adanya Cafe Literasi bantuan PetroChina ini bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan kita yang ada di kabupaten saat melaksanakan kegiatan di Kecamatan Geragai,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Bapak Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum menegaskan memberikan dukungan penuh Program SKK Migas PetroChina terhadap upaya pengembangan literasi ini. “Kami melihat bahwa upaya ini sangat penting untuk memperkuat kualitas dan ekosistem literasi di daerah ini. Kami siap untuk berkolaborasi dan mendukung berbagai kegiatan literasi yang dilaksanakan PetroChina di Kafe Literasi ini,” ujarnya.

Secara keseluruhan, peluncuran Kafe Literasi dan Festival Literasi ini menandai langkah signifikan dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di Tanjung Jabung Timur. Dengan dukungan dari PetroChina dan berbagai pihak, diharapkan bahwa fasilitas ini akan menjadi model bagi daerah lain dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan budaya baca dan keterampilan literasi di kalangan generasi muda.

Sementara, Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Halidi, S.Pd mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd yang telah banyak melaksanakan kegiatan terkait bagaimana meningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal literasi.

“Tentunya literasi ini sangat positif sekali, dan menjadi kebanggaan bagi Kecamatan Geragai khususnya dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Cafe Literasi ini bukan saja tempat kumpul-kumpul, tapi bisa juga menjadi tempat belajar bagi anak-anak dan pemuda disini,” sebutnya.

Dia berharap kepada sekolah-sekolah dan Korwil Pendidikan yang ada di Kecamatan Geragai bisa bekerjasama dengan pengelola Perpustakaan Cendikia dan Cafe Literasi untuk menghidupkan perpustakaan dan Cafe Literasi yang dibangun oleh SKK Migas PetroChina ini.

“Saya yakin dan percaya, bahwa buku-buku yang disediakan PetroChina disini banyak yang menarik dan dapat menambah ilmu pengetahuan anak-anak,” ujarnya.

Field Admin Superintendent PetroChina, Sugiarto dalam sambutan Field Manager PetroChina menuturkan, untuk memacu ruang literasi ini terus aktif, pihaknya berkolaborasi bersama para pegiat literasi khususnya dari Forum Pegiat Literasi untuk menyelenggarakan Festival Literasi Geragai. Dimana diagendakan minimal dalam setiap 2 Minggu akan diselenggarakan kegiatan seperti mendongeng, membaca dan lain sebagainya.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang mendukung program ini. Hal ini adalah momentum kita bersama untuk berkolaborasi meningkatkan kapasitas SDM untuk generasi penerus bangsa melalui kampanye gerakan literasi,” tutupnya.

Hadir dalam acara, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd yang diwakili oleh Field Admin Superintendent, Sugiarto, Government and Relation Superintendent, Lasno, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah TanjabTim yang diwakili oleh Kabid PAUD dan DIKMAS Halidi S.Pd., Camat Geragai Eduard Aidi S.Km, Lurah Pandan Jaya Sanuddin SE, Ketua Forum Pegiat Literasi Jambi Fajrin Nurpasca SP, para Kepala Sekolah lingkup Kecamatan Geragai, RT dan RW setempat serta para tamu undangan lainnya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + = 8