18 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Tingkatkan Literasi Masyarakat Tanjab Timur, SKK Migas – PetroChina Launching Cafe Literasi dan Festival Literasi Geragai di Perpustakaan Cendekia

4 min read

JAMBIDAILY MUARASABAK – SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd Launching Cafe Literasi dan Festival Literasi Geragai, di Perpustakaan Cendekia yang beralamat di Jl. Siliwangi Kelurahan Pandan Jaya, KecamatanGeragai, Kabupaten Tanjab Timur, Kamis (29/8) pagi.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Literasi Geragai ini dilaksanakan dari tanggal 29 Agustus sampai dengan 07 Desember 2024 mendatang.

Hadir pada kesempatan tersebut, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd yang diwakili oleh Field Admin Superintendent, Sugiarto. Government and Relation Superintendent, Lasno. CSR & Comdev Supervisor M. Yuda Ramdani. Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum, Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Halidi, S.Pd, Camat Geragai, Eduard Aidi, S.Km, Ketua Forum Penggiat Literasi Jambi, Fajrin Nurpasca, S.P, Lurah Pandan Jaya, Sanuddin SE,. para Kepala Sekolah lingkup Kecamatan Geragai serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutan Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, yang dibacakan oleh Field Admin Superintendent, Sugiarto mengatakan, bahwa didalam era digital seperti sekarang ini, Literasi semakin penting. Semuanya dituntut untuk menyaring informasi yang begitu banyak dan cepat.

“Literasi membantu kita untuk membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar serta mampu mengambil keputusan yang tepat,” katanya.

Melalui Program Pengembangan Masyarakat di Bidang Pendidikan dalam kegiatan Gerakan Literasi, SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd dalam beberapa tahun terakhir sangat aktif mendorong tumbuhnya literasi ditengah masyarakat. Khusus di Kabupaten Tanjabtim, itu semua telah ditandai dengan bantuan 1 unit mobil perpustakaan keliling, 1 unit Perpustakaan roda tiga dan membangun 4 perpustakaan desa.

“Ke-empat perpustakaan desa yang dibangun oleh SKK Migas PetroChina berada di Kelurahan Simpang Tuan, Desa Pandan Lagan, Desa Pandan Makmur dan Kelurahan Pandan Jaya disamping lokasi kita berkumpul saat ini. Selain itu juga, saat ini kami sedang membangun 1 Sanggar Baca di Desa Pematang Rahim, Kecamatan Mendahara Ulu,” terangnya.

Khusus Perpustakaan Kelurahan Pandan Jaya, pihaknya melihat ada potensi yang cukup besar, mulai dari ketersediaan ruang hingga keaktifan dari pengurusnya serta dukungan dari pemerintah kelurahan yang membuat pihaknya terpacu untuk meningkatkan ruang literasi. Tidak hanya dalam bentuk perpustakaan, tapi dikembangkan dalam satu kawasan Taman Literasi.

“Dalam taman ini terdapat fasilitas perpustakaan dan Cafe Literasi tempat yang diharapkan menjadi ruang yang terbuka seluas-luasnya untuk segala pihak berekspresi, belajar bersama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk masa depan yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara, Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim, Halidi, S.Pd mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd yang telah banyak memberikan bantuan dan melaksanakan kegiatan terkait peningkatkan kemampuan masyarakat dalam hal literasi.

“Tentunya literasi ini sangat positif sekali, dan menjadi kebanggaan bagi Kecamatan Geragai. Cafe Literasi ini bukan saja tempat kumpul-kumpul, tapi bisa juga menjadi tempat belajar bagi anak-anak dan pemuda disini,” sebutnya.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Jambi, Bapak Dr. Adi Budiwiyanto, M.Hum dalam sambutannya menegaskan memberikan dukungan penuh Program SKK Migas PetroChina terhadap upaya pengembangan literasi ini. “Kami melihat bahwa upaya ini sangat penting untuk memperkuat kualitas dan ekosistem literasi di daerah ini. Kami siap untuk berkolaborasi dan mendukung berbagai kegiatan literasi yang dilaksanakan PetroChina di Kafe Literasi ini,” ujarnya.

Ketua Forum Penggiat Literasi Jambi, Fajrin Nurpasca, S.P dalam sambutannya merasa kagum Cafe Literasi yang dibangun oleh PetroChina mendapat fasilitas semewah ini. Masyarakat harusnya bersyukur dengan adanya bantuan dari SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd ini. Dia mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Cafe Literasi ini untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif, khusus literasi.

“Nanti akan ada kegiatan Bintang Budaya, Kelas Menulis fiksi dan non fiksi, Workshop Digital Marketing, Training Water & Barista, Kelas Mendongeng dan Read Aload serta Sayembara Literasi dan masih banyak lagi. Jangan sampai terlewatkan kegiatan literasi ini,” tuturnya.

Forum Penggiat Literasi Jambi berharap rangkaian dari kegiatan Festival Literasi Geragai ini bisa bermanfaat bagi masyarakat secara umum, khususnya Kecamatan Geragai. Festival Literasi yang digelar di kabupaten/kota, dan puncaknya nanti pada Festival Literasi Jambi.

“Terima kasih kepada SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd dan semua pihak yang telah mensupport dan memberikan kesempatannya untuk berbagi ide,” tutupnya.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 4 =