17 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Sinergi Pertamina dan LPP Kelas II B Bengkulu: Tingkatkan Kemandirian WBP Melalui Pelatihan Berbagai Keterampilan

2 min read

JAMBIDAILY BENGKULU – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Fuel Terminal (FT) Pulau Baai, bersama dengan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas II B Bengkulu, menyelenggarakan pelatihan diberbagai keterampilan seperti tata boga, busana, dan pertanian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang berfokus pada program pemberdayaan perempuan

FT Pulau Baai telah menjalin kerjasama dengan LPP Kelas II B Bengkulu dalam melaksanakan pemberdayaan perempuan, khususnya warga binaan sejak Tahun 2023, yang berawal dari kurangnya pembekalan keterampilan warga binaan perempuan. Sehingga melalui kegiatan pelatihan dan pemberdayaan, WBP memiliki bekal keterampilan saat telah menyelesaikan masa pidananya di LPP.

Berbagai pelatihan jenis keterampilan yang diberikan, diantaranya pelatihan keterampilan pelatihan tata boga dengan spesialisasi pada bakery, keterampilan tata busana yang berfokus pada pembuatan batik dan kerajinan tangan, serta pertanian dalam budidaya jamur tiram. WBP juga diberikan pembekalan terkait pengolahan bahan baku, kebersihan produk, dan sanitasi dalam produksi makanan, yang nantinya diharapkan dapat menjadi bekal untuk memulai usaha mandiri maupun mendapatkan pekerjaan setelah masa binaan.

Pada kesempatan ini, Kepala LPP Kelas II B Bengkulu, Gayatri mengungkapkan apresiasinya kepada Pertamina atas perhatian melalui kerjasama dan pembinaan bagi WBP LPP Kelas II B Bengkulu.

“Terima kasih kepada Pertamina, atas bantuan dan kerjasama lebih dari satu tahun ini. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan WBP dapat lebih percaya diri dan memiliki harapan yang lebih baik untuk masa depan, melalui pembekalan dan pelatihan yang sudah kita laksanakan,” ungkap Gayatri.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menegaskan pelatihan yang dilaksanakan merupakan bagian dari Program TJSL Pertamina dan berharap WBP di LPP Kelas II B Bengkulu dapat meningkatkan kualitas hoidup dan menjadi anggota masyarakat yang produktif dimasa mendatang.

“Program pelatihan yang dijalankan Pertamina Sumbagsel berupa pelatihan bagi warga binaan LPP Kelas II B Bengkulu merupakan upaya pengimplementasian komitmen Environmental, Social & Governance (ESG) dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang mengacu pada Tujuan Nomor 4 terkait Pendidikan Bekualitas dan Tujuan Nomor 5 yaitu Kesetaraan Gender,” tegas Nikho. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 − = 54