18 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Resmi Ditutup, BI Sukses Gelar Gebyar Ekonomi Digital dan Literasi Jambi

4 min read

JAMBIDAILY EKONOMI – Bank Indonesia perwakilan provinsi Jambi sukses menggelar Gebyar Ekonomi Digital dan Literasi Jambi (Gentala Arasi) 2024 dilaksanakan pada 11-13 September 2024 di Lapangan Kantor Gubernur Jambi.

Bank Indonesia berkomitmen untuk mendukung integrasi Ekonomi Keuangan Digital nasional, serta memperkuat sinergi kebijakan Bank Indonesia dengan kebijakan Pemerintah dan stakeholders terkait untuk mengembangkan Ekonomi Keuangan Digital.

Dalam rangka mengakselerasi transformasi Ekonomi Keuangan Digital di Provinsi Jambi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi menyelenggarakan Gebyar Ekonomi Digital dan Literasi Jambi (Gentala Arasi) 2024, yang merupakan Strategic Flagship Event (SFE) dalam rangka kegiatan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI), Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI), serta Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI).

Pada penutupan (Jum’at,13/09/2024) Mukti Rigowo selaku Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, dalam kata sambutannya menyampaikan apresiasinya.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak/Ibu undangan atas kehadiran dan dukungannya selama penyelenggaraan rangkaian kegiatan GENTALA ARASI 2024,” Ujar Mukti Rigowo.

Gentala Arasi 2024 merupakan wadah/ajang untuk mengakselerasi implementasi dan literasi masyarakat terkait Ekonomi Keuangan Digital di Provinsi Jambi melalui: Talkshow/edukasi; Showcase inovasi dari Bank Indonesia dan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP); serta penerapan transaksi digital dalam pembelian UMKM dan kuliner Provinsi Jambi.

Penyelenggaraan GENTALA ARASI 2024 menyinergikan beberapa program KPw BI Provinsi Jambi, yaitu Perluasan digitalisasi Sistem Pembayaran di Daerah; Akselerasi ekonomi & keuangan hijau dan inklusif yang terintegrasi (termasuk syariah); serta Pengendalian Inflasi Daerah.

“Pada kesempatan yang baik ini, perkenankan kami menyampaikan laporan pelaksanaan rangkaian kegiatan GENTALA ARASI 2024 yang telah diselenggarakan selama 3 hari sejak 11 September 2024 hingga sampai pada acara penutupan malam hari ini,” Ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa pada pelaksanaan kegiatan di hari pertama, 11 September 2024, telah terselenggara rangkaian Acara opening ceremony tersebut diawali dengan pelaksanaan talkshow mengenai “Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD) melalui Elektronifikasi Sistem Pembayaran (SP) di Daerah” dengan narasumber dari Bank Indonesia Pusat (DPSP), BPPRD Kota Jambi, Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, serta BPD Jambi yang berperan penting dalam implementasi ekonomi keuangan digital di Provinsi Jambi.

Selain itu di hari pertama juga diselenggarakan Kompetisi Mural Ekonomi Keuangan Digital yang diikuti oleh masyarakat atau komunitas mural di Provinsi Jambi.

Selanjutnya, rangkaian acara di hari kedua, tanggal 12 September 2024 diselenggarakan berbagai kompetisi, yaitu Cup taster & Brewing Competition; kompetisi Clash of Champions Ekonomi Keuangan Digital yang diikuti oleh siswa SMA/SMA se-derajat; kompetisi Tahfiz Anak, dimana pemenangnya telah tampil membuka membacakan ayat suci Al Quran; kompetisi Duta Ekonomi Keuangan Digital yang diikuti oleh Perbankan. Selain itu diselenggarakan talkshow dengan tema “Waspada Cyber Crime di Era Digital” yang menghadirkan narasumber dari Ketua Cyber Security Perbanas, Bank Indonesia Pusat (DSPK) dan OJK Provinsi Jambi. Rangkaian hari kedua diakhiri dengan kegiatan QRIS Glow Night Run 5K yang menjadi acara lari pertama di Jambi dengan tema Glow Night Run yang diikuti oleh lebih dari 1.200 masyarakat di Provinsi Jambi.

Pada hari ketiga, diawali dengan Senam Zumba bersama dengan peserta sekitar lebih 200 orang, kemudian dilanjutkan dengan beberapa kompetisi, yaitu Kompetisi Desain Batik Jambi yang diikuti oleh siswa SMA/SMK se-derajat, serta Kompetisi Bankers Idol dari 16 peserta dari perbankan yang telah menyumbangkan suara emasnya. Dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat terkait pengembangan usaha UMKM, telah diselenggarakan talkshow terkait “Pembentukan Branding Melalui Konten Kreatif untuk UMKM Naik Kelas” dengan narasumber CEO dan Founder HMNS Perfume dan Owner RM. Cahaya Minang.

Kegiatan GENTALA ARASI 2024 turut dimeriahkan oleh showcase 44 UMKM Binaan BI dan Dekranasda Provinsi Jambi; showcase Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Non Bank sejumlah 20 PJP; pasar murah oleh BULOG Provinsi Jambi; donor darah bekerjasama dengan PMI dan layanan penukaran uang melalui kas keliling. Total transaksi penjualan pada showcase UMKM sejak awal September s.d hari ke-3 pelaksanaan acara mencapai kurang lebih Rp1.676.006.150 (satu miliar enam ratus tujuh puluh enam juta enam ribu seratus lima puluh rupiah) yang dilakukan secara cashless.

“Dapat kami sampaikan juga bahwa dalam rangka mendorong peningkatan digitalisasi pembayaran melalui QRIS, sepanjang rangkaian acara dilakukan QRIS Experience melalui pendaftaran kegiatan, kompetisi dan games dengan capaian mencapai lebih dari 2.000 orang yang on boarding QRIS,” Ujarnya.

Rangkaian acara Gentala Arasi 2024 yang dikemas dalam kegiatan Tabligh Akbar, sekaligus menyambut momen Maulid Nabi yang diisi dengan tausiyah dari Ustadz Hilman Fauzi yang dilanjutkan dengan doa bersama agar kegiatan Gentala Arasi yang telah diselenggarakan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jambi, Perbankan serta Lembaga/Instansi di wilayah Jambi atas kolaborasi aktifnya dalam mengembangkan ekonomi keuangan digital di Provinsi Jambi.

“Apresiasi juga kami sampaikan kepada Pemerintah Kota Jambi dan BPD Jambi atas keaktifan dan inovasinya dalam memperluas digitalisasi transaksi di Provinsi Jambi,” Kata Mukti Rigowo.

“Kami mengajak Bapak/Ibu untuk berpartisipasi aktif dalam berinovasi dan terus memperkuat sinergi untuk mengakselerasi digitalisasi perekonomian Provinsi Jambi guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jambi yang berkelanjutan,” Harapnya mengakhiri sambutan. (*/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

81 − = 73