19 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Pertamina Sumbagsel Gelar SMEXPO 2024 di Lampung: Perkuat Ekonomi Regional dan Promosi UMKM

3 min read

JAMBIDAILY EKONOMI – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel siap menggelar Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) Bandar Lampung 2024 di Mall Boemi Kedaton (MBK), Bandar Lampung, pada 20-22 September 2024. Acara ini dirancang untuk memperkuat peran UMKM dalam perekonomian regional, sekaligus memperluas peluang pasar bagi pelaku usaha lokal.

Selama penyelenggaraan, Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 akan digelar beragam rangkaian acara, diantaranya pameran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), talkshow, dan workshop, yang berfokus pada pengembangan berbagai keterampilan. Selain itu, Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 juga akan dimeriahkan dengan berbagai perlombaan dan performer dari musisi nasional.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih menyampaikan, event ini dicanangkan menjadi ajang strategis bagi UMKM Mitra Binaan Pertamina untuk memamerkan produk lokal berkualitas dan memperluas pasar.

“Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 akan menampilkan berbagai acara menarik, termasuk pameran produk UMKM, talkshow, workshop, serta perlombaan dan performer dari Citra Skolastika dan Band Batas Senja. Kami mengundang seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Provinsi Lampung, untuk mendukung usaha lokal dengan meramaikan acara ini dan menggunakan produk-produk dari UMKM lokal,” ungkap Zibali.

Mengusung tema “Lokal Jadi Vokal,” Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 akan menjadi platform strategis bagi UMKM untuk meningkatkan kualitas dan naik kelas, sekaligus sebagai ajang promosi produk unggulan mereka. Pertamina Sumbagsel akan menghadirkan lebih dari 20 UMKM binaan untuk menampilkan produk-produk berkualitas, mulai dari busana, kerajinan tangan, hingga kuliner, kepada masyarakat secara nasional.

UMKM yang mengikuti Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 diantaranya, mitra UMKM kuliner yaitu Moga Djaya, Camilan Twinny, Pempek Syamil, Keripik Nuha, D&K Snack, Telaga Rizki, OMMEY, Snack Putra Abah, Kripik Pisang Ika Ayu, Kopi Pagar Alam Putra Abadi, dan Kripik Marimar. Lalu mitra UMKM craft yaitu Dafina Craft, Bunga Fortuna Handmade Wire Jewelry, Della Tapis, Java Silver, House of Laibana, Owase Galary, Bainah Kain Jumputan, Jama Jama Project, Novi Batik, Ipa Craft Rumah Scrunchie, dan Azizah Songket.

Sebagai perusahaan energi bertaraf internasional, Pertamina memiliki komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk melalui pengembangan UMKM. Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 menjadi salah satu manifestasi nyata dari komitmen ini. Melalui program kemitraan berkelanjutan, pemberdayaan UMKM dicanangkan agar mampu menjadi pelaku usaha yang mandiri dan kompetitif dalam upaya penguatan ekonomi nasional.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menyampaikan Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 diharapkan sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mendukung pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan UMKM.

“Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 menjadi langkah untuk mengoptimalkan potensi UMKM binaan Pertamina, dengan tujuan meningkatkan kualitas produk, pengelolaan bisnis, dan jaringan pemasaran. Melalui giat ini, Pertamina berupaya menjadikan UMKM lokal sebagai pelaku bisnis yang kompetitif dan diakui tidak hanya di tingkat nasional, tetapi juga di pasar global,” ungkap Nikho.

Nikho menambahkan, pameran SMEXPO merupakan wujud pembinaan UMKM untuk meningkatkan pendapatan, memperluas akses pasar, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Kegiatan ini mencerminkan komitmen Pertamina terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) dalam aspek Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi, serta selaras dengan prinsip ESG (Environmental, Social & Governance).

Pastikan untuk terus menilik informasi terkini mengenai Pertamina SMEXPO Bandar Lampung 2024 melalui akun Instagram resmi di https://www.instagram.com/smexpo.bandarlampung

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 4 =