20 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd. Kembali Support Sosialisasi Pengenalan dan Perencanaan Pembentukan Destana di Desa Suka Maju

3 min read

JAMBIDAILY MUARASABAK – Untuk sekian kalinya, SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd mensupport pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana). Seperti yang dilaksanakan di Desa Suka Maju, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Rabu (18/9) pagi.

SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd kembali bekerjasama dengan BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur menggelar sosialisasi dalam rangka pengenalan dan perencanaan pembentukan Destana di Desa Suka Maju.

Dimana pembentukan Destana ini untuk mewujudkan ketangguhan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Sementara, CSR & Comdev Supervisor PetroChina M. Yuda Ramdani mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang berkolaborasi dengan BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur sejak tahun 2019. Sudah ada 6 desa yang telah dibentuk Destana, diantaranya Desa Pandan Makmur, Pandan Lagan, Lagan Ulu, Pematang Rahim, Mencolok dan Pandan Jaya.

“Dan di Desa Suka Maju adalah yang ketujuh tahun ini. Saat ini kita sosialisasikan pengenalan dan pembentukannya dulu,” katanya.

Kebetulan di Desa Suka Maju ini sudah ada dibentuk relawan bencana. Maka saat ini akan diperkuat kembali dengan dibentuknya relawan Destana. Selanjutnya setelah sosialisasi ini, mungkin beberapa Minggu kedepan akan dilaksanakan pelatihan dan pendampingan selama 4 hari.

“Dalam pelatihan itu akan diberikan pembekalan terkait pencegahan dan penanggulangan bencana sekaligus dengan format komunikasinya jika terjadi bencana kemana akan melaporkannya,” ungkapnya.

Sehingga, lanjutnya, dengan dibentuknya Destana ini ada relawan yang siap siaga bertanggungjawab melaporkan apabila terjadi bencana ataupun hal-hal yang berkaitan dalam mengantisipasi kejadian bencana.

“Seperti pencegahan banjir, harus sudah dilaporkan terlebih dahulu sebelum banjir terjadi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Helmi Agustinus mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd karena tak bosan-bosannya mensupport kegiatan pembentukan Destana ini.

“Destana ini juga salah satu visi misi Bapak Bupati Tanjung Jabung Timur. Diakhir jabatannya ditargetkan 20 desa sudah dibentuk Destana. Namun semenjak disupport SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd, 35 desa yang sudah terbentuk, berarti over target,” terangnya.

Tindak lanjut dari sosialisasi ini nanti akan ada penguatan kapasitas. Relawan Destana akan dilatih bagaimana cara menggunakan peralatan, baik itu mesin, penggunaan perahu karet, tata cara penyelamatan saat bencana kebakaran maupun banjir.

“Kemudian nanti juga ada bantuan peralatan dari BNPB setelah Destana dibentuk untuk langkah awal penanganan,” sebutnya.

Menurutnya, Destana ini nantinya juga akan membantu SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd ketika ada terjadi bencana. Sebab Destana yang telah dibentuk berada di wilayah operasional mereka.

“Untuk wilayah Kecamatan Geragai sudah hampir seluruh desa telah dibentuk Destana. Kalau di Desa Suka Maju ini untuk bencana yang sering terjadi itu bencana banjir dan karhutla,” tukasnya. (*/rosta)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

51 + = 52