23 September 2024

Jambi Daily

Media Online Publik Aksara Propinsi Jambi

Inovasi Pertamina Membangun Generasi Peduli Lingkungan melalui Edukasi Pertanian Berkelanjutan Sejak Dini kepada PAUD Girimaya Bukit Besar

2 min read

JAMBIDAILY PENDIDIKAN — Dalam rangka meningkatkan kesadaran sejak usia dini tentang pentingnya keberlanjutan lingkungan, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Integrated Terminal (IT) Pangkal Balam, memperkenalkan konsep pertanian berkelanjutan kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Girimaya. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Ecolivestock yang didukung oleh kerjasama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kemuning dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bukit Besar.

Program Ecolivestock merupakan bagian dari inisiatif Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina yang berfokus pada pengembangan pertanian dan peternakan berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat lokal, terutama kelompok wanita tani dan keluarga. Program ini diharapkan terus memberikan dampak positif bagi lingkungan serta menginspirasi generasi muda untuk lebih peduli terhadap alam.

Pertamina memberikan edukasi kepada anak-anak PAUD Girimaya, mengenai cara menanam sayuran organik, pengelolaan ternak yang ramah lingkungan, serta pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem melalui metode pertanian berkelanjutan. Tujuan dari program ini adalah memberikan pengalaman langsung kepada anak-anak mengenai konsep pertanian yang tidak merusak lingkungan, sekaligus membangun kesadaran akan pentingnya menjaga alam sejak dini.

Ketua KWT Kemuning, Umala, bersama Ketua PKK Bukit Besar, Desi Hendrayanti, menerima kunjungan tersebut dan memimpin kegiatan edukasi yang melibatkan anak-anak. Mereka juga menunjukkan bagaimana proses penanaman bibit, pemeliharaan tanaman, serta siklus alam yang mendukung keberlanjutan pertanian.

“Melalui edukasi ini, kami berharap dapat menumbuhkan kesadaran sejak usia dini tentang pentingnya menjaga lingkungan dan keberlanjutan alam. Kolaborasi antara masyarakat, lembaga pendidikan, dan sektor industri sangat penting untuk menciptakan ekosistem yang sehat dan berkelanjutan” ungkap Umala.

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menegaskan dengan terlaksananya kegiatan ini, Pertamina berharap dapat mendorong kesadaran masyarakat, terutama generasi muda, akan pentingnya peran mereka dalam menjaga keberlanjutan pertanian dan ekosistem di masa depan.

“Kegiatan memperkenalkan konsep pertanian berkelanjutan kepada anak-anak PAUD, menjadi salah satu Inovasi yang selaras dengan visi perusahaan untuk menciptakan nilai tambah berkelanjutan bagi lingkungan dan masyarakat sejak dini. Hal ini juga mendukung capaian Sustainable Development Goals (SDGs) Tujuan Nomor 12 Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab, Nomor 13 Penanganan Perubahan Iklim, dan Nomor 15 Ekosistem Darat,” tutup Nikho.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

34 + = 39